Perkuat Pengawasan Distribusi Logistik Pemilu, Bawaslu Banggai Gelar Rakor Hadirkan Panwascam

BANGGAI RAYA- Bawaslu Banggai menggelar rapat koordinasi (rakor) dengan menghadirkan seluruh Panwascam dari 23 kecamatan, terkait pengawasan distribusi logistik pemilu, Rabu petang (6/12/2023) di Luwuk.

Ketua Bawaslu Banggai Ridwan saat membuka kegiatan mengatakan bahwa rakor ini memastikan agar tidak ada lagi keterlambatan distribusi logistik pemilu seperti tahun 2019 silam. Karenanya Bawaslu tidak akan henti-hentinya menghimbau KPU agar proses pengelolaan hingga distribusi logistik tidak bermasalah lagi.

Dalam kaitan itulah, Bawaslu bersama jajaran juga perlu memperkuat diri agar memastikan pengawasan berjalan lancar.

BACA JUGA:  Kejari Banggai Limpahksn Kasus Dugaan Korupsi APBDes Matabas ke PN Tipikor Palu

Ketua KPU Banggai Santo Gotia yang berbicara di hadapan puluhan anggota Panwascam se-Kabupaten Banggai mengatakan bahwa diperkirakan tanggal 18 Desember sudah ada surat suara di KPU Banggai.

Bagi KPU Banggai kata dia, hal tersulit saat ini bukanlah soal distribusi logistik, tapi soal membangkitkan kepercayaan publik. Karena Banggai memiliki catatan terkait persoalan logistik dan ini membuat banyak pihak ragu akan kerja penyelenggara pemilu.

BACA JUGA:  Warga Antusias ikut Pemilu PSU di Dua TPS di Kabupaten Banggai

“Ini soal trust, soal membangkitkan kepercayaan publik, apakah pemilu jadi atau bagaimana. Karenanya KPU Banggai harus memastikan bahwa logistik pemilu harus tepat jumlah, tepat jenis dan tepat waktu serta kualitasnya terjamin,” kata Santo Gotia.

Karenanya kata ketua KPUD, ia akan meminta agar PPK juga berkoordinasi dan berkonsolidasi dengan panwascam, demi suksesnya pemilu.

Tata kelola logistik kata dia, akan dipusatkan di kantor KPU Banggai, bukan di tempat lain. Pasca pemilu, logistik dikembalikan ke Asrama Haji Koyoan di Nambo. Namun pada proses sebelum pemilu, semuanya dipusatkan di Kantor KPU Banggai.

BACA JUGA:  PSU dua TPS di Banggai, Pemilih 'Modal KTP' Tak Dilayani

Ia menjelaskan, akhir Desember mulai pengepakan logistik, dan KPU Banggai telah menyiapkan tenaga hingga pada proses sortir dan lipat. “Bantu awasi KPU Banggai, agar proses pemilu di semua tahapan berjalan lancar dan baik,” ujarnya. DAR

Pos terkait