Perkemahan Pramuka Banggai Diikuti 11.400 Peserta, Miliaran Rupiah Bakal Berputar di Bukit Jaya

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Rencana panitia Kemah Prestasi Pramuka Banggai untuk menghadirkan 11.400 peserta dalam perkemahan akbar di Desa Bukit Jaya Kecamatan Toili mulai 8-14 Agustus 2022 nanti,  akan ikut mendorong perputaran uang yang besar di wilayah tersebut.

Dari amatan media ini di lokasi kegiatan pada Minggu petang (31/7/2022), sudah puluhan stand atau lapak penjualan yang berdiri dan siap melayani pembeli makanan, minuman dan kebutuhan lain. Belasan diantaranya bahkan sudah menyediakan makanan dan minuman sejak pekan lalu atau saat panitia dan tim Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Banggai mulai melakukan pembenahan lokasi.

Bacaan Lainnya

Menurut ketua panitia kemah prestasi Risman Sarifudin, stand-stand pedagang itu memang sudah berdiri sejak beberapa hari lalu dan hal itu membantu panitia yang mulai melakukan pembenahan lokasi, sebab untuk keperluan makan dan minum sudah tersedia di Bukit Jaya.

Panitia memprediksi miliaran rupiah akan beredar dalam transaksi selama kegiatan. Bila diasumsikan seorang peserta saja mengeluarkan Rp100 ribu dalam satu minggu kegiatan, berarti sudah Rp1,1 miliar uang berputar. 

Saat ini saja, selain transaksi makanan dan minuman atau kebutuhan lain di stand pedagang, sebelumnya sudah diawali transaksi penyewaan lokasi tempat berjualan dengan tarif sekira Rp500 ribu untuk satu stand.

“Kami sewa lokasi untuk tempat jualan,” kata Aum, salah satu warga dari luar Desa Bukit Jaya yang membuka stand makanan dan minuman di depan lapangan utama.

Perputaran uang yang cukup besar di arena perkemahan itu, dipastikan akan ikut membantu pergerakan ekonomi masyarakat. Apalagi selain peserta, area perkemahan itu juga akan dikunjungi warga lainnya yang hendak menyaksikan kegiatan kepramukaan atau orang tua dan keluarga yang mau melihat kondisi peserta.

Saat memantau persiapan di lokasi perkemahan, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka berharap kegiatan berjalan lancar. Saat menyusuri Desa Bukit Jaya guna melihat seluruh lokasi yang disiapkan untuk kegiatan kepramukaan, bupati bahkan menyempatkan diri belanja di warung yang berdiri di depan rumah warga. Belanjaan bupati itu kemudian dibagi pada tim yang ikut memantau persiapan di Bukit Jaya.

Kemah Prestasi di Toili ini kata Ketua Panitia Risman Sarifudin, selain diikuti 23 kecamatan di Kabupaten Banggai, juga akan diikuti utusan dari sejumlah kabupaten di Sulawesi Tengah. Rencananya, Gubernur Sulteng akan hadir dan membuka kegiatan akbar tersebut. DAR

Pos terkait