Peringati World Enviroment Day, BPOM Banggai Sosialisasi Gerakan Ayo Buang Sampah Obat Dengan Benar!

BANGGAI RAYA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kabupaten Banggai melakukan kegiatan sosialisasi bertema “Gerakan Ayo Buang Sampah Obat Dengan Benar”.

Kegiatan ini dilakukan BPOM Banggai untuk Peringati World Enviroment Day (WED) atau hari lingkungan hidup se-dunia. Sementara itu, kegiatan yang turut melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Banggai, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banggai, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Banggai, dan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) Banggai ini pun dipusatkan di kawasan Taman Sehati Luwuk, Minggu (11/6/2023).

BACA JUGA:  “Kisruh” Muhammadiyah Vs BSI, Pelajaran Apa Yang Bisa Dipetik?

Menurut Kepala BPOM Banggai, Darman, gerakan ayo buang sampah obat dengan benar ini adalah gerakan yang tidak terpisahkan dari Aksi Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyalahgunaan Obat (Aknas POIPO) yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2017 silam.

“BPOM bersama IAI mengedukasi masyarakat untuk waspada terhadap obat ilegal dan palsu dengan cara buang sampah obat kedaluwarsa dan rusak dengan benar,” katanya.

BACA JUGA:  Kajari Silaturahmi dengan Jurnalis Banggai di Momen HBA ke-64

Selain itu, dia pun berharap agar pihak terkait dapat berperan aktif dalam kegiatan ini sehingga pemusnahan obat ilegal dapat berjalan tanpa hambatan.

Sementara itu, Indra Pratama selaku Ketua IAI Banggai menyambut positif kegiatan tersebut. Dia mengatakan, kegiatan ini akan dimasukan dalam program kerja IAI kabupaten Banggai dan akan kami siapkan SKP pengabdian masyarakat.

Selain dihadiri Kepala BPOM dan Ketua IAI, kegiatan itu turut dihadiri Edy sebagai Ketua Pimpinan Cabang PAFI Banggai, dan Philipus dan Utu Mangkona selaku perwakilan DLH Banggai.

BACA JUGA:  Pemda Banggai - BSI Lanjutkan Kerja Sama Layanan Perbankan Syariah

Untuk diketahui, hari lingkungan hidup se-dunia atau WED adalah sarana utama Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendorong kesadaran dan tindakan di seluruh dunia untuk melindungi masyarakat dan dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 Juni.

Kegiatan yang digagas BPOM Banggai ini pun berlangsung meriah karena bertepatan dengan acara Car Free Day di RTH Teluk Lalong. (*)

Pos terkait