Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, DSLNG Bersihkan Sampah Plastik Hingga ke Paisupok

BANGGAI RAYA-Masih dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni yang di tahun ini mengambil tema global “Beat Plastik Pollution”, PT Donggi-Senoro LNG kembali melakukan aksi bersih pantai dari sampah plastik hingga ke Telaga Paisupok di Desa Lukpanenteng, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, Rabu (21/6/2023). Sebelumnya, aksi bersih pantai juga dilaksanakan di area sekitar Kilang DSLNG di Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai pada Sabtu (10/6/2023) lalu.

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

Aksi pungut sampah plastik di sepanjang jalan Desa Lukpanenteng yang berada di bibir pantai berbatu ini dilakukan bersama beberapa karyawan dan pekerja di lingkungan DSLNG dipimpin langsung Senior Manager QHSE Akhmad Khakim. Tim ini menempuh perjalanan sekira satu jam menggunakan kapal cepat dari Kilang DSLNG di Kabupaten Banggai untuk sampai di Lukpanenteng di Kabupaten Banggai Kepulauan.

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

Desa Lukpanenteng sendiri saat ini semakin dikenal luas, terutama lewat media sosial, sebagai tujuan wisata populer karena keindahan telaga Paisupok dan Paisubatango yang jernih dan bening.

Meningkatnya jumlah kunjungan wisata termasuk dari mancanegara sedikit banyak memberi dampak terhadap sampah plastik bagi desa di pesisir Selat Peling ini. Sehingga aksi bersama mengumpulkan sampah plastik oleh DSLNG ini diharapkan menjadi pengingat bahwa perilaku manusia terhadap plastik dan cara kita mengendalikannya bisa berdampak besar terhadap kelestarian lingkungan.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Plastik dapat diserap dan menjadi polutan ke lautan, tanah, dan hutan, serta menyebabkan kerusakan jangka panjang yang tidak dapat diperbaiki. Untuk itu, kesadaran akan pentingnya pengelolaan sampah khususnya sampah plastik perlu terus dibudayakan untuk kehidupan yang lebih maju dan berkelanjutan di masa mendatang. (Foto-foto dokumentasi DSLNG)

Pos terkait