Peringati Harganas, Pemkab Banggai Gelar Pelayanan KB Serentak

  • Whatsapp
Kadis Wayan: Upaya Menekan Angka Kehamilan

BANGGAI RAYA- Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional yang ke-27 tahun 2020, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Banggai bekerjasama dengan Kodim 1308 Luwuk Banggai memberikan pelayanan KB gratis secera serentak, Senin (29/6/2020).

Pelayanan KB secera serentak ini dilakukan di semua fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Banggai. Dan khusus di dalam Kota Luwuk yakni tiga kecamatan yaitu Kecamatan Luwuk, Luwuk Selatan dan Luwuk Utara, pelayanan KB sejuta akseptor ini dipusatkan di lapangan futsal Makodim 1308 Luwuk Banggai.

Kegiatan Pelayanan KB serentak ini dibuka oleh Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo, dan turut dihadiri Ketua DPRD Banggai, Suprapto, Kasdim 1308 mewakili Dandim 1308/LB, Mayor Inf Red Abner Patambo, Kasat Bimas Polres Banggai, Akp Yusnanto, SH., Direkrur RUSD Luwuk, dr. Yusran Kasim, para camat, Danposal Luwuk, Letda Laut (P) Dwi, Para pengurus Persit KCK Cab. XXII Kodim 1308/LB, dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kadis P2KBP3A Banggai, dr. I Wayan Suartika ME., dalam laporannya mengatakan, pelayanan KB gratis secara serentak se Indonesia ini, khusus di Kabupaten Banggai tersebar di 23 kecamatan.

Dalam pelayanan KB sejuta akseptor ini kata Kadis Wayan, semata-mata untuk memberikan pelayanan KB kepada seluruh pasangan usia subur. Mengingat di masa pandemi virus Corona ini, masyarakat lebih banyak berdiam diri di rumah, sehingga menyebabkan terjadi peningkatan angka kehamilan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka kehamilan dan mengatur jumlah anggota keluarga serta dapat menyelamatkan ibu dan anak,” ungkap Kadis dr. I Wayan Suartika.

Ia menjelaskan, jumlah calon akseptor yang akan mengikuti pelayanan KB serentak dalam menyambut Harganas di Kabupaten Banggai ini sebanyak 5.303 orang.

Dandim 1308 Luwuk Banggai, Letkol Inf Fanny Pantouw, M.Tr.Han., M.I.Pol., dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Kasdim 1308, Mayor Inf Red Abner Patambo mengatakan, keluarga menjadi tempat pertama yang berfungsi untuk melindungi, membimbing, dan memberdayakan anggota keluarga baik secara sosial, ekonomi, dan budaya. Keluarga berperan penting dalam membangun budi pekerti, etika, dan norma dalam bermasyarakat juga dalam memperteguh Pancasila pada kehidupan berbangsa dan bernegara.

Untuk membangun keluarga dan kependudukan Indonesia kata dia, dibutuhkan peran aktif dari seluruh pihak baik angota keluarga, masyarakat, dan pemerintah. “Mari bergotong royong mengambil peran dan tangungjawab untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang tentram, sejahtera dan berbudaya,” ajaknya.

Di tengah masa pandemi virus Corona ini, himbauan Stay At Home telah menunjukan data peningkatan jumlah kehamilan di berbagai daerah. Tentu saja ini sangat beresiko bagi keselamatan ibu dan anak. Himbauan untuk tetap di rumah sangat menyulitkan keluarga muda untuk mendapatkan pelayan keluarga berencana.

“Rasa kekhawatiran untuk bepergian dan seterilitas tempat pelayanan KB, menjadi satu hal yang membuat keluarga baru sulit mendapat pelayanan keluarga berencana. Dengan demikian, Harganas ke -XXVII tahun 2020 ini, pemerintah melaksanakan gerakan sejuta akseptor di seluruh Indonesia yang dilakukan secara serentak pada tanggal 29 Juni 2020,” jelasnya.

Tahun ini, dalam memperingati Harganas, Kodim 1308 Luwuk Banggai sebagai mitra kerja BKKBN bersama Dinas P2KB-P3A Banggai selaku pelaksana program Bangga Kencana akan memberi kontribusi nyata ke masyarakat Banggai di masa pendemi Covid -19.

Sementara itu, Bupati Banggai, Herwin Yatim dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wabup Mustar Labolo mengatakan, pelayanan gerakan sejuta akseptor ini merupakan kegiatan nasional yang dilakukan secara serentak se Indonesia dan di Kabupaten Banggai sendiri, Dinas P2KBP3A Banggai bekerjasama dengan Kodim 1308 Luwuk Banggai, Dinkes Banggai dan RSUD Luwuk.

Harganas tahun ini kata dia, berbeda dengan tahun sebelumnya. Di mana Harganas kali ini mesti dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. “Dan juga tidak lupa saya mengimbau agar kita semua tetap disiplin melaksaksanakan protokol kesehatan di dalam era kehidupan normal baru,” pesannya.

Adapun hasil pelayanan KB secara serentak yang dipusatkan di lapangan Makodim 1308/LB itu berjumlah 121 akseptor. Itu terdiri dari penggunaan Implant sebanyak 86 orang, IUD sebanyak 23 orang, Suntik sebanyak 9 orang, Pil satu orang dan kondom dua orang.

Diketahui, selain pelayanan KB secara serentak, Dinas P2KBP3A Banggai juga melakukan kegiatan open donasi 1 ton beras dengan tema ‘Keluarga Bantu untuk Keluarga’. Sebanyak 465 Kg beras berhasil terkumpulkan dalam open donasi tersebut dan telah disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Tak hanya itu, Dinas P2KBP3A Banggai juga mengikuti lomba video dalam gerakan open donasi 1 ton beras. Di mana video tersebut dilombakan secara nasional dan masih banyak kegiatan lainnya dalam memeriahkan Harganas ke-27 ini. JAD

Pos terkait