Peresmian Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri, Cerminkan Keharmonisan Antarumat Beragama di Banggai

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai Amirudin meresmikan Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri milik umat Hindu Kabupaten Banggai khususnya di Kecamatan Toili, pada Rabu (17/1/2024).

Upacara peresmian pada siang hari ini mencerminkan keharmonisan dan kerukunan antarumat beragama di daerah tersebut.

“Peresmian Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri bukan hanya sebuah seremoni formal, tetapi juga sebuah komitmen kita bersama untuk melestarikan dan mempromosikan keberagaman dan warisan budaya yang memperkaya identitas kita sebagai masyarakat Banggai,” ujar Bupati Amirudin.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri menjadi simbol keberagaman dan warisan budaya spiritual umat Hindu. Dalam upacara peresmian yang diadakan pada 17 Januari 2024, Bupati Amirudin menekankan pentingnya melestarikan dan mempromosikan kekayaan budaya lokal.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Peresmian Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri dihadiri oleh para pemuka agama Hindu, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

Acara ini tidak hanya menjadi momen penting bagi umat Hindu, tetapi juga mengukuhkan semangat toleransi antarumat beragama di Kabupaten Banggai.

Keberadaan Candi Bentar ini diharapkan dapat menjadi tempat pemujaan dan refleksi spiritual bagi umat Hindu sekaligus menjadi daya tarik wisata religi di daerah ini.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Bupati Amirudin mengajak masyarakat untuk bersama-sama merawat dan menjaga warisan budaya ini sebagai bagian integral dari identitas Kabupaten Banggai.

Setelah meresmikan Candi tersebut, dilanjutkan dengan Bupati Amirudin menandatangani Prasasti Candi Bentar Pura Kayangan Jagat Dalem Puri.**

Pos terkait