Penyebar Hoaks Pasien Covid-19 Diringkus Polisi

BANGGAI RAYA– Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Banggai meringkus pelaku yang diduga penyebar berita hoaks alias berita yang belum pasti kebenarannya terkait warga di Desa Saembongin, Kecamatan Nambo meninggal dunia akibat Covid-19 di media sosial (Medsos) Facebook, Selasa (14/4/2020) sekitar pukul 21.00 Wita.

Pelaku berinisial MS (55) diamankan ketika berada di kediamannya di Jalan Imam Bonjol, Kilometer 2, Kelurahan Bungin Timur, Kecamatan Luwuk.

BACA JUGA:  Universitas Padjadjaran - Pemda Banggai Tandatangani Kerja Sama Pendidikan 

Diketahui, di akun Facebooknya, pelaku menulis “Pemda Banggai jgn hanya lbh bnyak pencitraan…Pasien ODP (Orang Dalam Pemantauan) Covid-19 asal Mkassar tp domisili di Saembongin telah meninggal dunia dan Hasil pengecekkan di BRSUD Luwuk bhwa Almarhum Positif Virus Corona…”

Selanjutnya, ia menulis ”Peringatan buat Puskesmas yg prnh menolak bantuan APD (Alat Pelindung Diri) utk tdk arohan dgn jbtanmu…

#Rakyat Banggai waspada…”

Saat ini, pelaku tengah diamankan Satreskrim Polres Banggai untuk diperiksa. “Sementara pelaku sudah kita amankan. Dan sedang diperiksa di Sat Reskrim,” kata Kasat Reskrim Polres Banggai, AKP Pino Ary kepada Banggai Raya, Selasa (14/4/20020) malam.

BACA JUGA:  Gunakan Kapal Penumpang, Kabupaten Banggai Laut Antarpulaukan Ratusan Boks Ikan Setiap Hari

Pino pun menjelaskan kronologis penangkapan pelaku tersebut bermula saat pihaknya mengetahui postingan di akun Facebook miliknya.

Atas postingan itu, polisi langsung melakukan penyelidikan dan berhaasil mengamankan pelaku.

Selain pelaku lanjut Pino, pihaknya juga mengamankan barang bukti lainnya, berupa Handphone merk Samsung A5 warna Gold.

BACA JUGA:  Samiun Agi Geser Richard di Perolehan Suara Sementara Partai Demokrat Dapil 4 Sulteng

HIMBAUAN KAPOLDA

Sementara itu, Kapolda Sulteng, Brigadir Jenderal Polisi Drs. Syafril Nursal, SH, MH menghimbau kepada masyarakat Sulteng untuk bijak dalam menggunakan media sosial (Medsos).

“Saya himbau agar masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan memposting berita yang belum jelas atau pasti kebenarannya. Mari bersama-sama kita menjaga keamanan dan ketertiban berwarganegara yang lebih kondusif,” tegas Kapolda di kesempatannya saat membagikan masker kepada pengendara di Pasar Inpres Palu, belum lama ini. URY