Penyaluran BLT-DD Sidomukti Ditransfer Via Rekening

BANGGAI RAYA- Desa Sidomukti, Kecamatan Toili, satu-satunya desa di Kabupaten Banggai yang mengikuti instruksi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT), dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) dengan metode ‘Cashless’ atau non tunai.

Cashless atau non tunai merupakan metode pembayaran yang direkomendasikan Kemendes PDTT dalam penyaluran BLT-DD, berupa uang elektronik, salah satunya melalui rekening penerima manfaat.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

“Penyaluran BLT-DD Sidomukti, dilakukan melalui metode ‘Cashless’ atau non tunai, ditransfer langsung ke rekening penerima, dengan besaran Rp600.000 per Kepala Keluarga (KK) penerima manfaat dan akan diberikan selama 3 bulan,” ucap Koordinator tenaga ahli PM3D Banggai, Ansar kepada Banggai Raya, Selasa (12/5/2020).

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Ansar menjelaskan bahwa yang dicantumkan dalam data desa yang menyalurkan BLT-DD menggunakan metode ‘Cashless’ atau non tunai, dengan cara transfer langsung via perbankan.

“Penerima BLT di desa Sidomukti dibukakan rekening bank secara khusus. Sehingga dana BLT-DD langsung ditransfer. Jadi non tunai itu karena dilakukan via perbankan. Bukan diberi dalam bentuk barang,” tuturnya.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Pemerintah Desa (Pemdes) Sidomukti sengaja memilih dengan metode ‘Cashless’ atau non tunai, untuk menghindari kerumunan massa dalam pencegahan Covid-19, diupayakan penyaluran tidak dilakukan langsung. Tapi ditransfer melalui rekening bank. Diketahui, penerima BLT di Desa Sidomukti sebanyak 12 KK dan semua telah menerima bantuan tersebut. MAN