Penyakit Diderita Pasien Diumbar, Warga Jadi Enggan Berobat di Puskesmas Lipulalongo Balut

  • Whatsapp
Warga enggan berobat di Puskesmas Lipulango lantaran diduga rahasia pasien tidak terjaga. FOTO: ASWAN

BANGGAI RAYA – Belakangan ini sejumlah masyarakat mengaku enggan untuk datang berobat atau memeriksa kesehatannya di Puskesmas Lipulalongo, Kecamatan Labobo, Kabupaten Banggai Laut. Alasannya, diduga karena rahasia penyakit yang diderita pasien tidak terjaga dan mirisnya tersebar luas di masyarakat.

Mirisnya lagi, imbas tersebar luasnya penyakit yang diderita sangat berpengaruhi terhadap pasien di tengah masyarakat. Kondisi ini pun dikeluhkan oleh sejumlah tokoh masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Tolong disampaikan pada Kepala Puskesmas agar rahasia penyakit yang masyarakat derita janganlah disebar luaskan, yang akhirnya kami seakan-akan dijahui. Karena hal ini ada beberapa orang memilih lansung berobat di Banggai, Balut (Ibu Kota),” kata sumber yang namanya engan di korankan.

Sementara itu,  Kepala puskesmas (Kapus) Lipulalongo, Suprianto S. Kep., kepada Banggai Raya, Minggu (19/6/2022) mengatakan, masalah ini sudah sesering kali disampaikan dalam rapat internal puskesmas.

“Saya sudah sering kali adakan pembinaan termasuk rahasia penyakit yang diderita pasien harus dijaga, biarlah nanti tersebar di tingkat masyarakat asal jangan dari kita seorang perawat,” kata Kapus Suprianto.

Ia pun berjanji akan mengambil langkah yang lebih serius dalam permasalahan tersebut agar citra Puskesmas  Lipulalongo kembali baik dan lebih lagi. ASW

Pos terkait