Penindakan Kemacetan Arus Lalulintas Terkendala Regulasi

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA – Penindakan kemacetan arus lalulintas di wilayah Kota Luwuk, terkendala regulasi. Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat Komisi II, DPRD Banggai, di ruang rapat DPRD Banggai, Rabu (5/8/2020).

Rapat yang membahas polemik kemacetan arus lalulintas di wilayah perkotaan akibat bongkar muat barang itu, dipimpin Ketua Komisi II, DPRD Banggai, Sukri Djalumang. Rapat itu juga menghadirkan sejumlah pemilik ruko dan gudang, Dinas Perizinan, Dinas Perhubungan dan Disperkimtan.

Dalam rapat itu, satu persatu instansi diberikan kesempatan untuk memberikan penjelasan terkait aturan main bongkar muat barang di wilayah perkotaan.

Seperti halnya disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Banggai, Tasrik Djibran. Ia mengatakan, bahwa sejauh ini terkait dengan penindakan kemacetan arus lalulintas di wilayah perkotaan, terkendala dengan regulasi alias dasar hukum (Peraturan Daerah).

“Bagaimana kita bisa memplot dimana saja atau titik mana saja yang bisa dilakukan bongkar muat dan tidak, sementara pegangan (Peraturan Daerah) kami tidak ada untuk melakukan penindakan,” kata Tasrik.

Olehnya harap Tasrik, agar regulasi alias peraturan daerah terkait lalulintas tersebut segera dibentuk ke depannya, untuk memudahkan kinerja Dinas Pehubungan dalam menertibkan arus lalulintas di wilayah Kota Luwuk.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi II, DPRD Banggai, Sukri Djalumang mengatakan, terkait dengan Perda Lalin, Insya Allah akan diusulkan pada tahun 2021.

“Kami akan usulkan di tahun 2021,” ujar politisi Nasdem itu.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi II, DPRD Banggai, Mursidin. Ketua Bapemperda DPRD Banggai ini mengaku, bahwa terkait Perda Lalulintas tersebut, sebelumnya telah diusulkan. Hanya saja, terkendala dengan anggaran. “Nanti kita ajukan lagi. Diupayakan di perubahan (APBD-P),” jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Rapat itu pun diskorsing, karena tidak dihadiri pemilik gudang di Kota Luwuk. Rapat itu akan dilanjutkan dalam waktu dekat ini. URY

Pos terkait