Penghasilan Besar, Jabatan Kades Diperebutkan

  • Whatsapp
Ilustrasi

BANGGAI RAYA- Jabatan kepala desa dinilai semakin menarik sejak program dana desa digulirkan pemerintah pusat tahun 2015. Meningkatnya minat peserta pemilihan kepala desa (Pilkades) karena posisi strategis mengelola anggaran desa yang cukup besar.

Di samping itu, gaji serta tunjangan kepala desa yang cukup besar juga menjadi pendorong partisipasi masyarakat untuk mencalonkan sebagai kepala desa.

Bacaan Lainnya

Di Kabupaten Banggai, pemilihan kepala desa serentak telah berlangsung dalam tiga gelombang. Tanggal 1 Desember 2021 menjadi gelombang ketiga Pilkades serentak di Kabupaten Banggai. Sebanyak 65 desa melaksanakan Pilkades serentak dengan melahirkan ratusan calon.

Di Kabupaten Banggai yang terdiri dari 291 desa, setiap desa mengelola anggaran lebih dari Rp1 miliar. Untuk gaji kepala desa berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 42 Tahun 2020, besaran penghasilan kepala desa Rp2.899.450. Selain menerima penghasilan tetap, kepala desa juga menerima tunjangan paling tinggi Rp1.250.000 per bulannya.

Selain menerima penghasilan tetap dan tunjangan, kepala desa juga memperoleh jaminan sosial kesehatan. Iuran jaminan sosial kesehatan ditetapkan sebesar 5 persen dari penghasilan tetap kepala desa. Kepala desa juga menerima jaminan sosial ketenagakerjaan. (*)

Penulis: Zainuddin Lasita

Pos terkait