Penggunaan strategi Pembelajaran Outing Class pada Anak Usia Dini dapat Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak

Penulis : Sucy Pratiwi Maliki, S.Pd., M.Pd., Gr

PROSES belajar mengajar dengan sistem pembatasan sosial pasti membutuhkan strategi pembelajaran yang tepat dan efisien. Strategi pembelajaran adalah segala usaha guru untuk menerapkan berbagai metode pembelajaran dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Dengan demikian strategi pembelajaran menekankan kepada bagimana aktivitas guru mengajar dan aktivitas anak belajar.
Salah satu inovasi strategi pembelajaran yang dapat diterapkan ke anak dan menarik minat belajar adalah menggunakan strategi pembelajaran outing class. pembelajaran outing class merupakan salah satu upaya pembelajaran yang dilakukan ke anak dengan mengajaknya ke luar kelas atau ke lingkungan sekitar sebagai proses pendekatan anak ke masyarakat maupun lingkungan sekitar. Kegiatan outing class memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat dari kegiatan outing class ini adalah menambah pengetahuan anak mengenai lingkungan sekitar serta membantu meningkatkan berbagai aspek perkembangan anak.
Aspek Perkembangan yang Terbentuk Melalui Outing Class
Nilai Agama dan Moral : a. Anak-anak belajar mensyukuri tentang apa yang sudah di ciptakan Tuhan. Bagi yang muslim dapat dengan mengucap Alhamdulillah dan bagi yang non muslim dapat menyesuaikannya.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Kunker Ke Toili Barat, Bupati Amirudin Bantu 8 Ton Pupuk untuk Petani

Kognitif : a. kemampuan mengingat dengan indikator menyebutkan dan menghubungkan b. kemampuan memahami dengan indikator mengelompokkan, membandingkan, dan memahami konsep bilangan c. kemampuan menerapkan dengan indikator memecahkan masalah sederhana.

BACA JUGA:  3 Tahun Jadi Bupati, Warga Soho Puji Keberhasilan Amirudin Bangun Banggai

Fisik Motorik : Anak-anak dapat memegang benda yang aman untuk dipegang oleh anak-anak dan merasakan.

Bahasa : a. Anak-anak akan bertanya mengenai hal yang belum diketahui b. anak-anak akan belajar bercerita atau menceritakan kembali tentang apa yang mereka lihat maupun tentang pengalaman mereka saat melakukan kegiatan outing class di depan kelas atau di tempat yang sudah disediakan guru.

BACA JUGA:  Polsek Bunta Damaikan Kelompok Pelajar SMP yang Terlibat Perkelahian

Sosial Emosional : a. Anak-anak belajar bersabar dan mengantri dalam proses belajar mengajar b. Anak-anak dapat bekerjasama untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan kerja sama

Seni : a. Anak dapat menggambarkan tentang hal yang telah didapat dari kegiatan outing class. b. Anak-anak belajar menempel gambar dari proses kegiatan outingclass.**

Pos terkait