Penggunaan Siskeudes, Pemerintah Luwuk Utara Bimtek Operator Desa

  • Whatsapp
Sekretaris Kecamatan Luwuk Utara, Pardi M. Amir, perwakilan Kantor DPMD Banggai, Tutik dan Koordinator Pendamping Desa Luwuk Utara, Winardi Kuangga saat menyosialisasikan aplikasi Siskeudes kepada operator desa. FOTO ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Pemerintah Kecamatan Luwuk Utara bersama Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banggai dan pendamping desa menggelar bimbingan teknis (Bimtek) terkait penggunaan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) bagi seluruh operator desa, di Aula Kantor Camat Luwuk Utara, Kamis (7/10/2021).

Bimtek yang dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Luwuk Utara, Pardi M. Amir, menghadirkan pemateri dari perwakilan Kantor DPMD Banggai, Tutik, dan didampingi oleh Koordinator PD Luwuk Utara, Winardi Kuangga. Peserta Bimtek ini seluruh operator Siskeudes se Kecamatan Luwuk Utara.

Bacaan Lainnya

Kepada Banggai Raya, Koordinator PD Kecamatan Luwuk Utara, Winardi Kuangga menjelaskan, aplikasi Siskeudes adalah aplikasi sistem keuangan desa yang merupakan sebagai tempat penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) setiap tahun.

Menurut dia, setiap tahun pemerintah desa diwajibkan menyusun perencanaan keuangan desa, atau yang sering disebut dengan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes), adalah rencana kegiatan pemerintah desa untuk tahun berikutnya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan, untuk menyusun RKPDes tersebut, oleh Pemerintah Pusat telah disiapkan Siskeudes untuk memudahkan penyusunan RKPDes.

“Kegiatan siang tadi (Kamis) adalah kegiatan dalam rangka pengenalan Siskeudes untuk pengembangan dari Siskeudes tahun sebelumnya. Kegiatan ini dilakukan rutin oleh DPMD Banggai setiap tahunnya di seluruh kecamatan se Kabupaten Banggai,” kata Winardi Kuangga melalui pesan WhatsApp.

Camat Luwuk Utara, Rifody Penak sebut dia, melalui Sekcam Luwuk Utara, Pardi M. Amir berharap, agar para operator Siskeudes segera melakukan penyesuaian sistem keuangan desa secepatnya, dengan Siskeudes terbarukan.

“Agar dalam proses penyusunan perencanaan APBDes tahun 2022 tidak terjadi hambatan pada Siskeudes, serta pada Desember 2021 nanti, palu APBDes telah disahkan oleh BPD bersama Pemdes untuk penganggaran kegiatan di tahun 2022,” kutip Winardi. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas

Pos terkait