Pengelolaan PAD Harus Dimaksimalkan!

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Tujuh fraksi DPRD Banggai meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai untuk lebih memaksimalkan pengelolaan dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Hal itu sebagaimana terungkap dalam rapat paripurna dengan agenda penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemda Banggai tahun 2019, di ruang sidang DPRD Banggai, Senin (6/7/2019).

Tujuh fraksi DPRD Banggai, yakni Fraksi Nasdem, Faksi PDIP, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PAN, Fraksi PHP (Gabungan PKB, Hanura dan Perindo) dan Fraksi PKS dalam pandangan fraksi memberikan penegasan tentang upaya pemerintah dalam memaksimalkan penerimaan kas daerah.

Seperti halnya yang disampaikan juru bicara Fraksi PHP, Syafrudin Husain. Politisi sekaligus Ketua DPC PKB Banggai itu mengatakan, kedepannya Pemda Banggai harus melakukan terobosan sistem untuk bisa meningkatkan PAD.

“Misalnya sistem pemungutan PAD di sektor pajak dan retribusi. Sektor PAD ini harus benar-benar dikelola dengan baik, sehingganya dapat menggenjot pendapat daerah,” ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan juru bicara Fraksi Gerindra, Masnawati Muhammad. Ketua Komisi I, DPRD Banggai ini mengaku, bahwa realisasi PAD di tahun-tahun sebelumnya, belum sepenuhnya mencapai target sebagaimana yang ditetapkan. “Olehnya, kedepan pemda harus bisa meningkatkan dan memaksimalkan potensi PAD kita. Terutama sektor pajak dan retribusi,” ungkapnya.

Begitupula dengan fraksi lainnya. Salah satu poin penting yang disampaikan dalam sidang tersebut adalah berkaitan dengan PAD.

Harapan mereka adalah agar supaya Pemda Banggai terus berinovasi dalam meningkatan PAD.

Sementara itu, Bupati Banggai Herwin Yatim mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas saran dan masukan yang disampaikan anggota DPRD Banggai dalam kesempatan tersebut. “Intinya, tanggapan dari teman-teman fraksi akan menjadi catatan kami. Terkait PAD di sektor pajak dan retribusi, juga merupakan masukan yang baik untuk dimaksimalkan lagi ke depan,” ujar Bupati Herwin.

Rapat itu dipimpin Ketua DPRD Banggai Suprapto N didampingi Wakil Ketua I DPRD Banggai, Batia Sisilia Hadjar, dan dihadiri langsung Bupati Banggai, Herwin Yatim serta Wakil Bupati Banggai, Mustar Labolo.

Rencananya, rapat yang juga dihadiri kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Banggai, Kajari Banggai, Kapolres Banggai dan Dandim 1308/LB itu, akan dilanjutkan pada Senin 13 Juli 2020 dengan agenda jawaban bupati Banggai atas tanggapan tujuh fraksi tersebut. URY

Pos terkait