Pengawasan Covid-19 di Perbatasan, Batia: Banggai Lebih Perfect

BANGGAI RAYA – Setiap pemerintah kabupaten khususnya di Sulteng tengah memperketat pengawasan di wilayah perbatasannya masing-masing. Hal itu dilakukan untuk mencegah atau mengantisipasi penyebaran Covid-19 alias Virus Corona.

Seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai saat ini. Daerah yang dipimpin Herwin Yatim dan Mustar Labolo ini, tengah melakukan berbagai upaya untuk memberantas penyebaran Covid-19, salah satunya dengan memperketat jalur keluar masuk di wilayah perbatasan dengan daerah lain.

BACA JUGA:  Diguyur Hujan Sehari Penuh, Pusat Kota Luwuk Banjir Sampah dan Lumpur

Hal itu pun diakui Wakil Ketua I DPRD Banggai, Batia Sisilia Hadjar, yang ketika itu melewati wilayah perbatasan Kabupaten Banggai dan Kabupaten Tojo Una-Una.

“Sepanjang perjalan dari Kota Palu, saya melewati beberapa wilayah kabupaten. Pertama, Parigi, Poso, Ampana (Touna) dan terakhir Banggai. Selama perjalan melewati beberapa kabupaten itu, Kabupaten Banggai yang menurut saya pengawasannya sangat ketat,” kata Batia Sisilia Hadjar yang juga menjabat Ketua DPD Partai Nasdem Banggai kepada Banggai Raya, Kamis (16/4/2020).

BACA JUGA:  Berkas Tiga Bakal Calon Rektor Unismuh Luwuk Resmi Diserahkan ke PWM Sulteng

Memang lanjut mantan Ketua DPD KNPI Banggai itu, tiga wilayah kabupaten yang dilewatinya tersebut, pengawasannya juga ketat. Hanya menurutnya, yang paling ekstra ketat itu adalah ketika sampai di perbatasan memasuki Kabupaten Banggai.

“Misalnya kalau di Parigi, saya itu hanya ditanya dan disemprot cairan disinfektan di atas mobil. Di Ampana, saya dua kali diberhentikan, ketika masuk wilayah kabupaten dan memasuki wilayah perkotaan. Di situ, saya disuru turun cuci tangan dan disemprotkan disinfektan. Lebih-lebih begitu masuk di wilayah perbatasan Kabupaten Banggai. Di Kabupaten Banggai ini yang lebih ketat dan para petugasnya sangat ramah. Saya ditanya, lalu turun cuci tangan dan disemprot disinfektan. Pokoknya penjagaannya sangat ketat dan lebih perfect (Sempurna),” tuturnya. URY