Pendemo Sawindo Berusaha Temui Bupati Banggai di Paripurna LKPD, Satu Warga Pingsan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Puluhan warga Kecamatan Batui yang telah menggelar aksi demonstrasi sejak Senin siang dan bertahan hingga Selasa (5/7/2022) di DPRD Banggai, berusaha menemui Bupati Banggai Amirudin Tamoreka dan ketua DPRD Suprapto yang tiba di gedung dewan sekira pukul 10.45 untuk mengikuti paripurna penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2021.

Beberapa warga yang sebagiannya adalah ibu-ibu bahkan sempat bertemu dan memeluk bupati, namun hanya beberapa saat, sebab bupati yang dikawal Satpol-PP langsung bergegas menuju ruang paripurna. Salah satu warga juga pingsan saat berusaha mendekati bupati, dan langsung digotong anggota Satpol-PP ke dalam ruang tunggu dewan.

Bacaan Lainnya

Warga yang memprotes perusahaan sawit PT Sawindo Cemerlang ini meminta agar pemerintah dan dewan menyelesaikan masalah mereka. Lahan mereka telah dijadikan sawit tanpa izin mereka, sementara hasil yang diperoleh sangat minim, sehingga mereka merasa dirugikan.

Aksi warga yang melakukan bakar ban juga dihentikan Satpol-PP dan sempat terjadi aksi saling dorong. Tak hanya itu, warga juga dilarang masuk ke ruang lobi atau pelataran ruang tunggu dewan, sehingga hanya tertahan di pintu masuk pelataran parkiran. Puluhan personil Pol PP tetap melarang warga masuk. DAR

Pos terkait