Pendaftar UMLB Tembus 614 Maba, FEB Tertinggi Disusul FAI Urutan Kedua

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Calon mahasiswa baru (Maba) yang mendaftar di Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) mencapai 614 orang sejak berakhirnya penerimaan Maba gelombang II pada 29 Juni 2022.

Dalam penerimaan mahasiswa baru ini, terbanyak untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta Fakultas Agama Islam. Kedua fakultas ini paling diminati di kampus hijau tersebut.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) tahun ini kembali menargetkan menerima 1000 lebih mahasiswa baru.

Untuk mencapai target ini, UMLB membuka penerimaan mahasiswa baru untuk gelombang ketiga yang telah dimulai sejak 30 Juni 2022 dan akan berakhir pada 27 Agustus 2022. “Kami manargetkan 1000 calon Maba pada akhir Agustus nanti,” kata Saink Segar, S.Kom., M.Kom, koordinator tes saringan masuk Maba UMLB. 

Meski tak lagi melakukan sosialisasi penerimaan Maba, namun pihaknya akan mengoptimalkan pendaftaran secara mobile di sejumlah wilayah kecamatan dan kabupaten, seperti kecamatan Bunta, Simpang Raya, Toili dan Kabupaten Banggai Kepulauan serta Kabupaten Banggai Laut. “Pendaftaran mobile merupakan upaya jemput bola, mendekatkan pelayanan, calon Maba yang mendaftar akan langsung mengikuti tes di lokasi,” katanya.

Pendaftaran mobile dilaksanakan usai ujian semester untuk Fakultas Hukum dan Fakultas Agama Islam. “Insya allah akan dikoordinasikan dengan camat. Kemudian, kami juga memberikan keringanan biaya semester,” terangnya.

Untuk keringanan semester ini kata dia, hanya berlaku untuk tiga program studi, yakni program studi agribisnis dan agroteknologi Fakultas Pertanian serta program studi Akuakultur Fakultas Perikanan yang kini terakreditasi B. “Untuk tiga program studi itu ada potongan biaya semester Rp 500 ribu,” katanya. 

Saink Segar juga menerangkan ujian tes masuk yang biasanya dilakukan Sabtu akhir pekan akan digelar tiga kali dalam seminggu menyusul makin banyaknya calon Maba yang mendaftar.

“Untuk gelombang tiga akan dilakukan tiga kali dalam seminggu, karena jumlah pendaftar lebih banyak dari gelombang sebelumnya,” katanya.

Adapun tes ujian saringan masuk bagi calon maba ini antaranya meliputi tes Al Islam Kemuhammadiyaan, Pengetahuan Umum, dan Kalkulus.  (*)

Editor: Jajad

Pos terkait