Pendaftar di UMLB Capai 377 Maba, FEB Paling Diminati

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Pendaftar calon mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) tahun akademik 2022/2023, terus bertambah. Hingga Senin kemarin, jumlah calon Maba yang telah mendaftar di kampus hijau itu mencapai di angka 377 Maba.

Dalam penerimaan mahasiswa baru ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yang memiliki tiga program  studi menjadi fakultas yang paling diminati. Betapa tidak, fakultas itu saat ini telah menerima atau menjaring sedikitnya 141 Maba.

Bacaan Lainnya

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiwwaan (BAAK) UMLB, Igbal Yalidjama mengatakan, dari sekian ratus itu yang telah mengikuti tes masuk sebanyak 167 Maba. Calon mahasiswa baru yang berhak atau bisa ikut tes masuk adalah Maba yang telah divalidasi dokumennya, baik oleh tim validator kampus maupun di prodi masing-masing.

Igbal mengatakan, untuk tes masuk dilaksanakan setiap hari Sabtu, minggu berjalan. Ini sebagai upaya kampus hijau untuk memfasilitas Maba yang telah lengkap berkas dan selesai divalidasi.

“Kami selalu menyampaikan kepada operator prodi di setiap fakultas, agar selalu meng-updatekan data Maba yang sudah lengkap berkas untuk bisa divalidasi. Sehingga bisa diterbitkan kartu ujian untuk melaksanakan tes secara online yang dipusatkan di Ruang Labolatorum Komputer,” ujar Igbal Yalidjama kepada Banggai Raya, Senin malam (30/5/2022) via pesan WhatsApp.

Terkait progres pendaftaran Maba kata Igbal, cukup baik. Dalam sehari bisa mencapai 10 calon mahasiswa baru yang menfaftar. “Seperti hari ini (kemarin, Red) ada 10 orang yang mendaftar secara online,” katanya.

Dengan melihat progress itu, Ia optimis target 1.000 Maba seperti yang ditargetkan Rektor UMLB, Dr. Sutrisno K Djawa dapat tercapai. Itu bisa dilihat dari pendaftar dalam setiap harinya, di hari kerja.

“Kemudian, kami juga saat ini membuka Sekretariat Pendaftaaran di kampus. Ini untuk memfasilitasi para pendaftar yang datang ke kampus,” tutur Igbal.

Membuka secretariat pendaftaraan di pelataran kampus sebut Igbal, sebagai upaya untuk membantu dan memudahkan calon mahasiswa baru. Jangan sampai  ada peserta atau calon Maba dari daerah yang tidak memiliki jaringan internetnya,

“Maka kami mempersilakan dan membuka ruang bagi peserta calon mahasiswa baru untuk bisa mendaftar ofline di kampus langsung. Nanti kami fasilitasi untuk mendaftar. Olehnya, kami optimis bisa mencapai target seribuan Maba, apalagi waktu pendaftaraan masih panjang  yaitu sampai bulan Agustus 2022,” tandasnya.

Adapun 377 calon mahasiswa baru ini tersebar di delapan fakultas dan 16 program studi. Itu terdiri dari Fakultas Hukum Prodi Ilmu Hukum telah menerima 26 Maba, Fakultas Pertanian dua prodi yakni Prodi Agribisnis menerima 9 Maba, dan Agroteknologi 4 Maba.

Kemudian, FEB memiliki tiga program studi yakni Prodi Manajemen telah menerima 87 Maba, Prodi Akuntansi telah menerima 35 Maba, dan Prodi Bisnis Digital 19 Maba. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari dua prodi yakni Prodi Ilmu Pemerintahan 19 Maba dan Prodi Ilmu Komunikasi telah menerima 21 Maba.

Berikutnya, Fakultas Teknik terdiri dari dua prodi yakni Prodi Teknik Sipil telah menrima 19 Maba, dan Prodi Teknik Industri 14 Maba.

Fakultas Perikanan memiliki satu prodi yaitu Prodi Budidaya Perairan baru menerima satu orang calon Maba. Kemudian, Fakultas Agama Islam terdiri dari dua prodi yakni Prodi Pendidikan Agama Islam telah menerima 41 Maba dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini 35 Maba.

Terakhir, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki tiga prrodi yakni Prodi Penjaskesrek telah menerima 15 Calon Maba, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris telah menerima 20 Maba, dan Prodi Pendidikan Biologi 12 Maba. Sehinga total keseluruha 377 Maba. (*)

Editor: Jajad

Pos terkait