Pemuda Tontouan Bantu Korban Erupsi Semeru Melalui ACT Luwuk

  • Whatsapp
PEMUDA Tontouan menyerahkan bantuan untuk korban Erupsi Semeru melalui ACT Luwuk Banggai. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Sebagai bentuk kepedulian terhadap korban erupsi Gunung Semeru, Komunitas Pemuda Tontouan, Kecamatan Luwuk menyerahkan bantuan hasil penggalangan dana senilai Rp1.140.000 melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Luwuk, Senin (13/12/2021).

Sebelumnya, Sabtu pekan kemarin, Komunitas Pemuda Tontouan yang dikoordinir Muh. Fajri melakukan gerakan kemanusian pengumpulan donasi. Aksi kemanusiaan ini menyikapi musibah Erupsi Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, dengan mengajak seluruh masyarakat Tontouan untuk ikut berdonasi.

Bacaan Lainnya

Dibantu beberapa pemuda lainnya seperti Richard, Kifli, Itsal, Aditya, Anca, Pikar, Putra, Rembulan dan Vakita, mereka berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp. 1.140.000. Bantuan ini hasil penggalangan dari seluru masyarakat yang dilakukan seharian penuh.

Memilih dan mempercayakan ACT sebagai tempat penyaluran bantuan untuk korban Semeru, tentunya Pemuda Tontouan telah melihat track record dari ACT dalam aksi-aksi kemanusian dan kebencanaan melalui berita maupun media sosial.

“Di tengah perkembangan dunia saat ini, masih ada komunitas pemuda yang peduli dengan kondisi bencana yang begitu banyak terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Kami dari ACT sangat mengapresiasi jiwa kerelawanan Komunitas Pemuda Tontuan, dan kedepan kami mengajak seluruh pemuda di Tontouan untuk menjadi bagian dari keluarga besar ACT Luwuk melalui organisasi Masyrakat Relawan Indonesia,” ungkap Pimpinan ACT Luwuk Banggai, Mulyadi Lapago kepada Banggai Raya, Senin malam (13/12/2021).

Ia menjelaskan, kondisi saat ini di Lumajang, Jawa Timur berdasarkan informasi dari DMII ACT bahwa jumlah korban meninggal 46 jiwa, 9 jiwa dilaporkan hilang, 18 jiwa luka berat, dan11 luka ringan.

Kemudian, total jumlah pengungsi sebanyak 9.118 jiwa yang tersebar di 115 titik pengungsian. Adapun kerugian material dari erupsi gunung semeru ini 1 jembatan putus, 2.970 rumah rusak, 42 sarana pendidikan terdampak, 1 fasilitas kesehatan terdampak, 17 sarana ibadah terdampak dan 3.026 hewan ternak mati.

“Bagi masyarakat yang ingin membantu saudara-saudara kita yang terdampak erupsi semeru dapat menghubungi nomor telepon ACT Luwuk 0821 8038 1184 atau juga dapat berdonasi secara langsung melalui rekening Bank BSI dengan nomor rekening 716 417 0475 an Aksi Cepat Tanggap,” ajaknya. (*)

Penulis: Jajad

Pos terkait