Pemdes Tananagaya Morut Bagikan Sembako untuk 50 KK

BANGGAI RAYA– Untuk meringankan beban warga kurang mampu yang terdampak dalam penyebaran Virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Desa Tananagaya, Kecamatan Mamosalato, Kabupaten Morowali Utara membagikan sembako kepada 50 kepala keluarga (KK).

Kepala Desa Tananagaya, Samsudin Galendo kepada Banggai Raya, Jumat (10/4/2020) mengatakan, 50 KK yang mendapatkan bantuan sembako itu adalah warga kurang mampu dan juga warga yang saat ini tengah menjalani masa karantina mandiri.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

“Bantuan sembako yang kita  berikan berupa beras sebanyak 8 Kg, minyak kelapa 1 Kg, dan supermi 10 bungkus,” ujar Kades Samsudin Galendo.

Dalam penyaluran paket sembako ini, Pemdes langsung menyalurkan ke rumah-rumah warga yang berhak menerima bantuan. Hal itu dilakukan sebagai upaya menghindari kerumunan massa.

Adapun 50 KK ini kata Samsudin, adalah warga yang benar-benar belum mendapatkan bantuan sosial atau tidak terdaftar sebagai penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). “Ini untuk satu minggu pertama bagi masyarakat yang sedang karantina mandiri dan warga tidak mampu. Target kita 50 KK,” terang Samsudin.

BACA JUGA:  Ketua TP PKK Banggai Hadiri Rakor PKK Provinsi Sulteng

Berdasarkan data Pemdes Tananagaya sambung Samsudin, di desa yang dipimpinnya itu terdapat 100 kepala keluarga yang masuk kategori tidak mampu. Hanya saja, dari 100 itu ada 50 KK yang telah masuk sebagai penerima PKH dan BPNT. Dan para penerima bansos Kemensos tidak diperkenankan mendapatkan bantuan dari dana desa.

BACA JUGA:  Awal Masuk Sekolah, SMPN 3 Luwuk Gelar Halal Bihalal

Ia berharap, bantuan paket sembako di tengah pandemi Covid-19 itu bisa membantu meringankan beban masyarakat tidak mampu dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok selama situasi tanggap darurat.  JAD