Pemda Genjot Perbaikan Jalan Kabupaten

  • Whatsapp
8,4 M Mengucur di Ruas Salipi-Samajatem

BANGGAI RAYA- Upaya Pemerintah Kabupaten Banggai yang dipimpin Bupati Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo untuk memperbaiki akses jalan kabupaten yang menghubungkan berbagai wilayah, terus dilakukukan dari tahun ke tahun.

Pada Tahun 2019 lalu, ruas jalan Labotan-Boloak-Talima di wilayah Kecamatan Lamala menuju Balantak yang sebelumnya rusak berat, sudah bisa diperbaiki sebagiannya, sehingga saat ini, kondisi jalan potong yang mempersingkat jarak tempuh menuju Balantak itu bisa lebih nyaman dilalui dibanding sebelumnya. Berbagai kerusakan jalan yang masih terlihat di wilayah kepala burung itu, sebagian besarnya merupakan ruas jalan provinsi yang ada di bawah tanggung jawab Pemprov Sulteng, sehingga tak memungkinkan untuk diintervensi melalui APBD Kabupaten Banggai.

Pemerintahan Herwin Yatim dan Mustar Labolo (Winstar), hanya dimungkinkan untuk melakukan penanganan kerusakan jalan pada ruas jalan kabupaten. Sementara pada jalan provinsi yang rusak, pemerintah kabupaten hanya sebatas melakukan penimbunan atau perbaikan ringan, karena APBD kabupaten tak memungkinkan dikucurkan untuk menangani peningkatan jalan provinsi atau nasional.

Untuk berbagai ruas jalan kabupaten, Pemkab Banggai terus menggenjot upaya perbaikan maupun peningkatannya, demi mewujudkan pemerataan pembangunan di setiap wilayah.

Seperti Tahun 2020 ini, pemerintahan Winstar terus memprioritaskan pembangunan infrastruktur, antara lain peningkatan dan perbaikan akses jalan bagi masyarakat. Mulai dari jalan menuju lokasi perkebunan, jalan lingkungan perkotaan, kecamatan, kelurahan dan desa, hingga jalan penghubung antara desa.

Memasuki empat tahun kepemimpinan Herwin-Mustar, ratusan miliar rupiah anggaran digelontorkan setiap tahun untuk kebutuhan perbaikan jalan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap pelayanan bagi masyarakat.

Seperti pada tahun ini, sejumlah paket proyek peningkatan jalan diprogramkan. Salah satunnya jalan menuju Desa Salipi Kecamatan Bualemo dan Samajatem, Kecamatan Pagimana.

Di dua desa yang berbeda wilayah ini, pemerintah daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang mengalokasikan anggaran dengan kisaran Rp8,4 miliar.

Hal tersebut sebagai tindak lanjut dan komitmen dari Bupati dan Wakil Bupati, dalam memberikan kemudahan akses bagi masyarakat di dua desa tersebut. Pasalnya, jalan menuju Desa Salipi dan Samajatem memang sangat memprihatinkan. Namun dengan diprogramkannya peningkatan tahun ini maka bisa dipastikan jalan menjadi lebih baik. “Perbaikan jalan Salipi-Samajatem merupakan salah satu komitmen bupati dan wakil bupati,” kata Kepala Dinas PUPR Bambang Eka Sutedy.

Proyek jalan Salipi-Samajatem saat ini sudah dalam proses pengumuman lelang. Bisa dipastikan tidak lama lagi, proyek jalan tersebut akan dikerjakan.

Menyikapi perhatian terhadap peningkatan jalan Salipi-Samajatem ini, Camat Bualemo Irfan Milang menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Banggai serta instansi teknis dalam hal ini Dinas PUPR.

“Terima kasih kepada Pak Bupati dan Pak Wabup Banggai atas komitmen terhadap pembangunan infrastruktur jalan di wilayah Bualemo seperti jalan Salipi dan juga Samajatem Pagimana. Dengan akan dilakukannya perbaikan, maka roda perekonomian berjalan dan meningkat,” kata Irfan.

Selain peningkatan jalan Salipi-Samajatem, terdapat sejumlah proyek jalan yang juga telah dalam proses tender yakni peningkatan struktur jalan SP.C-Rantau Jaya Kecamatan Simpang Raya Rp4,4 miliar, peningkatan struktur jalan Koninis-Baulolok Rp3,5 miliar, peningkatan jalan Tolisu-Sindang, Kecamatan Toili senilai Rp4 miliar, serta peningkatan struktur jalan Koyoan Kecamatan Nambo dan Dowiwi Kecamatan Simpang Raya senilai Rp5 miliar. NAL

Pos terkait