Pemda Bangkep Raih Opini WTP Tahun 2019

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA – Pemerintah Daerah Banggai Kepulauan (Bangkep) menerima predikat pengelolaan keuangan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2019. Predikat itu diterima pada 30 Juni 2020.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangkep, Ahmad Thamrin menjelaskan, WTP merupakan bentuk dari kesesuaian laporan keuangan yang telah dilaksanakan sesuai dengan standard akuntansi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. 

“Opini WTP yang diraih itu merupakan penilaian terhadap laporan keuangan Pemda Bangkep. Dalam laporan itu, ada standar akuntansi keuangan. Jadi apa yang disajikan oleh BPK, berarti sudah sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan disamping ada nilai-nilai yang dilihat. Apakah nilai ini wajar atau tidak,” terangnya.

Disampaikannya pula, Pemda Bangkep sudah melakukan penatausahaan maupun pengelolaan keuangan sesuai dengan prinsip dan standar akuntansi pemerintahan. Misalnya dari sisi pengkajian data, aset dan laporan realisasi.

“Jadi tidak ada hal yang dianggap meragukan lagi bagi pemeriksa (BPK). Intinya, pemeriksa sudah tidak ragu dalam memberikan predikat itu,” ujarnya.

Lebih lanjut lagi, hal mendasar dari WTP adalah kewajaran, artinya wajar dalam hal materialistis baik kuantitatif maupun kualitatif. WTP merupakan yang teratas dari tingkatan LKPD, yang diikuti predikat WDP (Wajar Dengan Pengecualian), Tidak Wajar, dan Disclaimer, tuturnya. 

Diakhir komentarnya, Tamrin merasa bersyukur atas apa yang sudah diraih Pemda Bangkep. “Semuanya itu atas arahan bapak Bupati Bangkep (H. Rais D Adam) dan dukungan serta kerja sama dari semua OPD yang ada,” tuturnya. DUL

Pos terkait