Pemda Banggai Terbaik Kelola Pemerintahan

  • Whatsapp
Alasan Dipilihnya Tempat Latihan Kepemimpinan

BANGGAI RAYA- Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) terus dilakukan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggah dalam rangka menyiapkan pemimpin masa depan, dengan menggelar pelatihan kepemimpinan administrator angkatan pertama tahun 2020. Kegiatan pelatihan yang digagas BKPSDM Provinsi Sulawesi Tengah ini dilaksanakan di Luwuk, Ibu Kota Kabupaten Banggai.

Selasa siang (15/9/2020), seluruh peserta Pelatihan Administrator Kepemimpinan diterima oleh Bupati Herwin Yatim dan Wakil Bupati Mustar Labolo di Ruang Rapat Umum Kantor Bupati Banggai.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Tengah Dra. Novalina bersama jajarannya, Widya Iswara Utama Dra. Hj. Derry Djanggola, Sekretaris Daerah Banggai Drs. Abdullah Ali, Para Asisten dan Staf Ahli, Kepala BKPSDM Banggai, serta pimpinan OPD.

Mewakili Gubernur Sulteng, Kepala BPSDM Dra. Novalina, mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten Banggai atas penerimaan peserta pendidikan dan pelatihan kepemimpinan administrator.

Ia mengatakan, alasan memilih Kabupaten Banggai sebagai lokasi diklat karena terbaik dalam tata kelola pemerintahan. “Tata kelola pemerintah di Kabupaten Banggai menurut penilaian kami sangat baik sehingga menjadi alasan bagi kami untuk menyelenggarakan diklat di daerah ini. Banggai begitu berprestasi dengan ratusan inovasinya. Keberhasilan-keberhasilan dan pengalaman dalam praktik baik pengelolaan pemerintahan inilah diharapkan bisa menjadi bekal bagi para peserta,” kata Novaslina.

Angkatan Pertama Pelatihan Kepemimpinan Administrator diikuti peserta dari beberapa daerah di Sulawesi Tengah, yakni Kabupaten Banggai, Sigi, Poso, Morowali, ToliToli, Banggai Kepulauan dan Tojo Una-Una.

Bupati Banggai Herwin Yatim dalam sambutannya mengatakan bahwa di usia kepemimpinan selaku Bupati dan Wakil Bupati selalu melakukan kerja nyata dalam mengemban amanah rakyat. Kerja cepat dan taktis telah diupayakan untuk melaksanakan tujuan dan kebijakan pembangunan. “Lebih dari 200 inovasi diciptakan di masa kepemimpinan kami saat ini. Inovasi itu tersebar hampir disemu sektor, mulai dari pendidikan, kesehatan, UMKM, pelayanan kepegawaian, kelautan UMKM hingga perbaikan birokrasi,” tutur Herwin.

“Di sektor Birokrasi, pemerintah daerah telah melaksanakan pengelolaan kepegawaian terbaik yang dinilai oleh BKN RI. Hal ini tentu saja ditopang dengan inovasi layanan kepegawaian secara terpadu dengan BKN Kanreg IV Makassar yang ditetapkan di Luwuk. Sehingga Kabupaten Banggai menjadi percontohan, dimana LAN Makassar merekomendasikan Kabupaten Banggai sebagai tempat Orientasi Lapangan (bench marking) Diklat PIM,” jelasnya.

Sebelum mengakhiri sambutan, Bupati Herwin berharap seluruh peserta bisa mengikuti setiap pelatihan dan materi dengan baik.

“Kegiatan ini mampu menjadi jembatan antara masyarakat dan penyelenggara pelayanan publik di daerah dalam hal menerima penyampaian berbagai keluhan yang dirasakan masyarakat terkait dalam kinerja pelayanan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mustar Labolo menambahkan bahwa pemerintah hadir untuk melayani, birokrasi hadir semakin dinamis, bahkan memfasilitasi setiap aktivitas di ruang publik melalui aksebilitas yang mudah, tidak berbelit, bebas praktik suap dan pungli, efektif dan efisien, memberikan manfaat yang dirasakan langsung, bahkan mengadopsi pola-pola digitalisasi yang sudah merambah ke setiap sendi/landscape peradaban.

“Kemajuan-kemajuan tersebut akan terus kami tingkatkan melalui konsep pembangunan pro rakyat yang dicantumkan pada rencana pembangunan Kabupaten Banggai. Dengan mempertimbangkan dan memperhatikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, maka tantangan yang dihadapi serta isu-isu strategis, baik skala lokal, regional, nasional maupun isu global, dirumuskan melalui visi pembangunan jangka menengah daerah yakni Mewujudkan Kabupaten Banggai Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi, Pertanian dan Kemaritiman Berbasis Kearifan Lokal dan Budaya,” kata Mustar Labolo. NAL

Pos terkait