Pemda Banggai Tanggung Iuran BPJS 130 Ribu Warga

  • Whatsapp
Anang Otoluwa

BANGGAI RAYA- Pemerintah Kabupaten Banggai akan memberi kemudahan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, yakni dengan menanggung iuran BPJS Kesehatan. Tak kurang dari 130 ribu warga Kabupaten Banggai akan digratiskan membayar iuran BPJS Kesehatan, karena anggaran telah disiapkan Pemerintah Kabupaten Banggai melalui APBD dengan kisaran Rp35 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, Anang Otoluwa mengatakan, program tersebut dalam rangka mendukung Universal Health Coverage (UHC) yang telah ditargetkan oleh pemerintah. UHC adalah jaminan kesehatan sebagai upaya pemerintah dalam memberikan jaminan terhadap warganya. “Untuk segmen PBPU Pemda tercover sejumlah 130.643 jiwa,” kata Anang kepada Banggai Raya, Senin (11/10/2021).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan, terhitung 1 Oktober 2021 Banggai telah UHC dengan capaian 95 persen warga Banggai terlindungi dalam BPJS Kesehatan. “Terhitung 1 Oktober sudah UHC,” ungkapnya.

Hal yang sama diungapkan Sekretaris Dinas Kesehatan, Agus Budi Waluyo. Menurut dia, warga yang sebelumnya tercover yakni kurang lebih 87 ribu jiwa yang kemudian dinonaktifkan, akan kembali diaktifkan. Hal tersebut sebagai wujud Pemda Banggai membantu masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan.“87 ribu jiwa yang sebelumnya nonaktif, akan diaktifkan kembali,” jelas dia. (*)

Penulis: Zainuddin Lasita

Pos terkait