Pemda Banggai Sebaiknya Miliki Asrama Mahasiswa di Bone Bolango

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-  Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai, sebaiknya bisa mendirikan atau memiliki asrama mahasiswa di Kabupaten Bone Bolango. Ini menyusul terkait pengembangan kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG) di kabupaten tersebut.

Pengembangan kampus yang dikenal tertia dan terbesar di Provinsi Gorontalo itu, sebagai upaya untuk mengantisipasi jumlah mahasiswa yang setiap tahunnya terus bertambah. Sementara lahan lokasi di kampus utama, tidak mungkin dan tidak bisa diperluas lagi untuk pengembangan.

Bacaan Lainnya

Kini, di lokasi kampus IV itu telah terbangun sarana perkuliahan megah untuk empat fakultas. Bahkan 10 ribu mahasiswa UNG saat ini, kuliah di kampus IV tersebut.

Menurut Dr. Hamim Po’u, Bupati Bone Bolango, kondisi ini tentu harus dapat diantisipasi oleh Pemda Banggai, agar kiranya bisa mendirikan atau menyiapkan asrama untuk mahasiswa asal Kabupaten Banggai.

Ditemui di sela-sela Pelantikan Ikatan Mahasiswa Indonesia Kabupaten Banggai, Minggu (28/5), Bupati yang juga Ketua Partai Nasdem ini mengemukakan, saat ini kurang lebih 10 ribu mahasiswa UNG kuliah di kampus IV.

“Mengingat jumlah mahasiswa Banggai terbanyak kuliah di UNG, maka sebaiknya Pemda Banggai dapat mendirikan asrama baru di dekat Kampus IV,” katanya.

Harapan atau saran dari Bupati Bone Bolango ini disambut baik oleh pendiri dan Pembina IMIKB, Zainudin Latare.

Zainudin yang kini menjabat WD 3 FISIP UNG sangat setuju dengan usulan itu. Pasalnya, keberadaan asrama mahasiswa Banggai yang ada saat ini sudah perlu dikembangkan mengikuti arah pengembangan kampus.

“Mumpung masih banyak pilihan lokasi, saya sangat setuju bila kita punya asrama yang dekat dengan kampus. Lokasi dekat ‘De Center Point’ sangat strategis untuk dibangunkan asrama, karena dekat dengan kampus dan juga pusat Pemerintahan Kabupaten Bone Bolango,” kata Zainudin menjawab penyampaian Hamim.

Sementara itu, Kadis P2KBP3A Banggai, Dr. dr. Anang Otoluwa mewakili Bupati yang hadir dalam acara itu mengaku, akan meneruskan usulan tersebut kepada Bupati Banggai.

“Ide ini sangat bagus, sesuai dengan harapan mahasiswa. Tapi sebaiknya sudah dipersiapkan dengan desain asrama untuk kemudian diusulkn ke Pemda Banggai,” kata Anang yang berjanji akan segera melaporkan hal ini ke Bupati setibanya di Luwuk. (*)

Editor: Jajad Sudrajad

Pos terkait