Pemda Banggai Gelar Halal Bi Halal, 56 Ribu Ketupat Dihidangkan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai menggelar kegiatan Halal Bi Halal dan Festival Ketupat di Tribun Mirqan Sport Center Halimun, Kecamatan Luwuk Selatan, Kamis (27/4/2023).

Kegiatan yang dimulai Pukul 08.00 WITA itu, menyediakan kurang lebih 56.200 ketupat yang terbagi di beberapa stand dan menu makanan khas lebaran lainnya.

Bacaan Lainnya

Masing-masing stand dikelola langsung oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lembaga vertikal, instansi pendidikan dan perwakilan setiap kecamatan.

Dilansir dari rilis DKISP Banggai, terdapat pula stand-stand yang di tempati BUMN, perusahaan swasta, dan organisasi masyarakat. Secara keseluruhan, jumlah peserta yang berpatisipasi sebanyak 70 kelompok.

Mulai dari pagi hari Tribun Mirqan Halimun, dipadati masyarakat Kabupaten Banggai yang ingin bersama-sama menyaksikan kegiatan tersebut dan menyantap ketupat hingga hidangan lainnya, atau hanya sekedar ingin menyaksikan penampilan artis religi ibu kota, Novi Ayla KDI.

Selain itu, masyarakat juga mendengar siraman rohani yang disampaikan oleh beberapa penceramah kondang yaitu KH. Ustad Muh. Yunus Said yang merupakan pimpinan ponpes Al-Hidayah Jakarta barat, ada pula Ustad H. Ramli Hasan. M.Pd, dan juga KH. Ustad. Drs. Zainal Abidin Alihamu, M.A yang merupakan Ketua MUI Kab. Banggai.

Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu panitia mengumumkan para pemenang lomba Pawai Takbir yang dilaksanakan tepat satu hari sebelum Hari Raya Idul Fitri kemarin.

Kementrian Agama Kabupaten Banggai meraih juara pertama kategori OPD, SDN Maahas menjadi pemenang pada kategori sekolah, untuk kategori organisasi dimenangkan oleh Kompleks Kelurahan Soho, dan kategori Masjid dijuarai oleh Masjid Al-Ilham Kelurahan Bungin.

Hadiah bagi para pemenang, secara bergantian diserahkan oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Banggai yang hadir.

Menurut keterangan Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Banggai, Alfian Djibran, kegiatan ini mengangkat tema “Merawat Ukhuwah Membangun Banggai”.

“Kegiatan ini merupakan silaturahmi antar umat beragama, dilanjutkan dengan Tabligh Akbar dan Festival Ketupat. Saya juga ingin menyampaikan, Alhamdulillah peserta pawai takbiran tahun ini memecahkan rekor dari takbiran-takbiran sebelumnya, yaitu antara 500 hingga 700 kendaraan,” tutur Ketua PHBI Kab.Banggai.

Wakil Bupati Banggai dalam sambutannya, kegiatan hari ini merupakan sarana yang baik untuk saling mengikhlaskan dan saling memaafkan kesalahan satu sama lain, baik sesama kaum muslim maupun sesama umat beragama.

“Olehnya itu mari kita jadikan momen ini sebagai silaturahmi dalam membuka lembaran baru bagi kehidupan kita dalam kehidupan sehari-hari. Sekaligus kita dapat meningkatkan pembangunan di daerah ini agar lebih maju sesuai dengan tema yang diangkat pada hari ini,” ujar Wabup Banggai.

Turut hadir pula menyemarakan kegiatan bersama masyarakat Kabupaten Banggai, Pimpinan dan Anggota DPRD Banggai, Sekretaris Daerah beserta kepala-kepala OPD, Unsur Forkopimda, pimpinan organisasi keagamaan, lembaga vertikal, BUMN, BUMD dan Perguruan Tinggi. (*)

Pos terkait