Pemda Banggai dan JOB Tomori Bangun Kerja Sama

  • Whatsapp
UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19

BANGGAI RAYA- Sejak Pemerintah Republik Indonesia menetapkan status darurat Corona Virus Disease Tahun 2019 (Covid-19) pada 11 Maret 2020 lalu, JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori) sebagai salah satu perusahaan yang mendapatkan mandat dari pemerintah melalui SKK Migas untuk mengelola Blok Senoro di Kabupaten Banggai, telah berkomitmen bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk bahu-membahu melakukan upaya pencegahan wabah corona yang sudah menjadi pandemi, demi kepentingan kesehatan masyarakat di wilayah Kabupaten Banggai.

Sebagai langkah awal yang dilakukan JOB Tomori adalah berkoordinasi dengan Pemda Banggai, melalui Bupati Banggai Dr. Ir. H. Herwin Yatim, MM, dilanjutkan kemudian kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang dibentuk Pemda Banggai, hingga ke tingkat kecamatan, guna membahas  sejumlah hal yang bisa dilakukan bersama dalam rangka mencegah penyebaran corona virus agar tidak semakin meluas.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Pemda Banggai, termasuk tim terkait seperti Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai, untuk mendapatkan informasi apa saja yang bisa dikerjasamakan menghadapi masalah bersama ini, sehingga hasil koordinasi tersebut saat ini sudah ditindak lanjuti,” tegas Agus Sudaryanto, selaku Relation, Security & Comdev Manager JOB Tomori.

Hasil koordinasi awal sambung Agus, melahirkan keputusan bersama bahwa JOB Tomori akan membantu beberapa hal yang diajukan Bupati Banggai melalui Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19, antara lain masker bedah 3ply, masker N95, sarung tangan steril, sarung tangan non steril, sarung tangan panjang, hand sanitizer, hazmat suit, sabun antiseptic, nursecap, celemek medis, kacamata google, selang oksigen, regulator oksigen dan alat kesehatan lainnya.

“Kendala yang kami hadapi sejak tanggal 16 Maret 2020 lalu, barang-barang ini sudah langka di pasaran, sehingganya kami harus memesan langsung di pabrik, kemudian karena pemesanannya dalam jumlah banyak, sehingga harus mendapat rekomendasi dari Menteri Kesehatan. Alhamdulillah saat ini sebagian barangnya sudah diproduksi, namun masih menunggu barang lainnya yang sedang proses pabrikasi, dan guna memudahkan percepatan keperluan alat/ barang yang diperlukan, akan terus berkoordinasi dengan pihak Pemda Banggai, Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah i Luwuk,” terangnya.

Sementara itu, dari hasil koordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, solusi cepat yang diambil disaat kelangkaan disinsfektan, maka sudah disiapkan bahan pengganti, seperti byclin, sabun detergen dan lain-lain. Bahan ini akan diserahkan sekaligus bersama barang lainnya, melalui satu pintu di Gugus Tugas Penangan Covid-19 Kabupaten Banggai.

“Kami sangat berterimakasih kepada Bupati Banggai, bersama jajarannya yang selalu menjalin komunikasi dan koordinasi yang sangat baik dengan JOB Tomori, dalam melakukan upaya bersama demi kepentingan masyarakat. Direncanakan pada awal April 2020 ini, JOB Tomori akan menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 dimaksud kepada Pemda Banggai. Semoga dengan kerja sama yang ada, dapat memberikan manfaat bagi semua pihak yang berkepentingan dalam upaya pencegahan Covid-19, di Kabupaten Banggai,” pungkasnya. DAR/*