Pemda Banggai Bakal Bangun Sirkuit Balap Motor di Biak

ILUSTRASI - Roadrace di sirkuit Tugu Adipura, Kabupaten Banggai. FOTO: CHIKAL CONNECT

BANGGAI RAYA- Sebagai bentuk komitmen untuk melahirkan atlet-atlet andal di daerah ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banggai di bawah pimpinan Bupati Ir. H. Amirudin terus melengkapi dan membangun sarana olahraga yang memadai.

Salah satu sarana olahraga yang akan dibangun dan cukup fenomenal adalah Sirkuit Balap Motor atau road race. Sirkuit ini rencananya akan dibangun di Desa Biak, Kecamatan Luwuk Utara.

Hal itu diungkapkan Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin MM., AIFO., saat meresmikan lapangan Voli Puncak Karya Mambual yang didanai penuh oleh Ketua AMPG Banggai, Panji Syaputra, Sabtu 10 Februari 2024.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

“Paling fenomenal, itu pembangunan Sirkuit di Biak. Insya Allah tahun ini masuk perencanaan, dan pembangunannya nanti tahun 2025,” ungkap Bupati di hadapan tamu undangan peresmian.

Sejak dilantik sebagai Ketua KONI Banggai, Bupati Amirudin komitmen ingin menjadikan Kota Luwuk sebagai tempat untuk mencetak atlet-atlet berkualitas.

Olehnya, pembangunan sarana untuk pengembangan olahraga di Kota Luwuk terus dilakukan. 

“Jadi kalau bicara atlet, latihannya itu di Luwuk. Jadi terpusat. Kalau Toili tempatnya beras, dan Batui punya gas. Kalau Luwuk pusatnya perdagangan, pemerintahan dan olahraga. Kalau tanya nikel, Bunta. Jadi semua kecamatan punya unggulan,” jelasnya.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Sementara itu, dikonfirmasi langsung awak media, Bupati Banggai membenarkan rencana pembangunan sirkuit itu.

“Iya betul, tahun ini masuk perencanaan di Dinas PUPR Banggai,” kata Bupati.

Ditanya besaran anggaran untuk pembangunan sirkuit yang akan dibangun tahun 2025 itu, Bupati meminta media ini untuk menanyakan langsung ke PUPR.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

“Tanya ke PUPR, mereka yang buat perencanaanya, kalau sudah selesai baru mereka laporkan ke saya. Seperti itu regulasinya,” tandasnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Jasa Konstruksi, Dinas PUPR Kabupaten Banggai, I Putu Jati Arsana menyebutkan bahwa terkait perencanaan pembangunan sirkuit untuk konfirmasi ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). 

“Mohon ijin terkait ini menurut pak sekdis ada di Dinas Pemuda dan Olahraga,” katanya, via pesan singkat WhatsApp. (*)

Pos terkait