Pemda Banggai Alokasikan Rp25 Miliar Cegah Corona

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Pemerintah Kabupaten Banggai menyiapkan dana senilai Rp25 miliar untuk pencegahan virus Corona (Covid-19). Dana tersebut bersumber dari biaya perjalanan dinas pejabat dan anggota DPRD.

Proses refocusing kegiatan dan realokasi anggaran dilakukan sesuai dengan surat edaran Menteri Keuangan Nomor 6/MK.02/2020 tentang refocusing kegiatan dan realokasi anggaran dalam rangka penanganan Covid-19.

Kebijakan tersebut disampaikan langsung oleh Bupati Banggai Herwin Yatim kepada DPRD Banggai dalam rapat koordinasi pencegahan Covid-19 melalui sambungan Teleconference, Kamis (2/4/2020).

Pemda juga telah menyiapkan dana tak terduga senilai Rp1,5 miliar. “Selain kebijakan memangkas perjalanan dinas, kami juga telah menyiapkan dana senilai Rp 1,5 miliar,” kata Herwin.

Tidak hanya dalam hal melindungi warga dari penularan virus Corona, Pemda Banggai juga melakukan inovasi dengan memberikan bantuan tanaman produktif bagi warga. Seperti bantuan bibit, rica, tomat dan bawang.”inovasi ini sebagai upaya menjadikan masyarakat tetap produktif dalam memanfaatkan lahan pekarangan di tengah himbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah,” ujar Herwin.

Selain itu pelayanan mobile pasar murah juga menjadi salah satu alternatif langkah Pemda di tengah naiknya harga sejumlah bahan pokok, seperti beras. ” Pasar murah ini menyasar tkota Luwuk dan wilayah kecamatan,” ungkapnya.

Apa yangbdilakukan Pemda Banggai dalam hal penyiapan anggaran dan inovasi di tengah merebaknya virus Corona diapresiasi Ketua DPRD dan seluruh anggota. Bagi mereka, langkah yang diambil Pemda Banggai sudah sangat tepat. Bahkan DPRD mengusulkan alokasi dana dari Rp25 miliar ditingkatkan hingga Rp50 miliar. Saran tersebut ditanggapi dengan baik oleh Bupati dan Wakil Bupati. NAL

Pos terkait