Pembukaan MTQ di Bangkep Meriah

  • Whatsapp
Rais Adam: Musabaqah diikuti 1.064 peserta

BANGGAI RAYA – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 28 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang digelar di Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), berlangsung dengan meriah, Hal tersebut terlihat dari antusias masyarakat yang hadir memenuhi lokasi pembukaan MTQ, Senin malam (16/3/2020).

MTQ ini resmi dibuka oleh Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, ditandai dengan pemukulan beduk yang dilakukan gubernur bersama Bupati dan ketua DPRD Bangkep.

Bacaan Lainnya

Dalam Sambutannya, Bupati Bangkep, Rais Adam, menyapa seluruh masyarakat yang hadir dan para kafilah MTQ ke-28 tingkat Provinsi Sulteng. “Bahwa pelaksanaan MTQ di Bangkep tahun 2020 ini merupakan sarana untuk mencetak generasi Qur’ani, yaitu generasi yang mencintai, dan mengamalkan Alqur’an,” katanya.

Rais Adam yang juga Ketua Umum Panitia mengatakan, jumlah keseluruhan peserta dari 13 kabupaten/kota se Sulteng yaitu 1.064 orang. Adapun tema yang diusung adalah ‘MTQ Provinsi ke 28 sebagai momentum mewujudkan moderasi beragama dalam mengisi pembangunan mental spritual demi terciptanya generasi Qur’ani, menuju Sulteng yang rukun,maju dan berdaya saing’.

Sementara itu Gubernur Sulteng, Longki Djanggola, dalam sambutannya mengharapkan, melalui kegiatan MTQ ini dapat menambahkan minat masyarakat dalam membaca dan belajar Alquran, serta mengupayakan agar Qur’an benar-benar tertanam dalam hati masyarakat, dan bisa diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

” MTQ adalah event keagamaan dan Insya Allah kita bisa membumikan Alqur’an di tanah Tadulako, khususnya di Tanah Peling ini,” ungkapnya.

Terakhir Longki juga menyinggung virus corona yang sudah menjadi wabah penyakit internasional. Agar masyarakat Sulteng tidak terlalu panik atau pun ketakutan.

” Sebagai manusia yang beriman, tentunya kita senantiasa mengingat sang pencipta. Dan marilah kita selalu menjaga kebersihan, agar kita terhindar dari segala virus yang menempel pada tubuh kita, karena kebersihan adalah sebagian dari iman,” tandasnya. SAM