Pemberian ASI Eksklusif Cegah Stunting

  • Whatsapp
APRESIASI IBU, BUPATI HERWIN SERAHKAN BANTUAN PERLENGKAPAN BAYI

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai H.Herwin Yatim bersilaturahmi bersama ibu-ibu di Desa Tompotika Makmur, Kecamatan Masama, Sabtu (4/7/2020). Silaturahmi ini serangkaian dengan memantau kegiatan Posyandu.

Bupati Herwin dalam kesempatan tersebut mengapresiasi para ibu-ibu yang memberikan ASI ekslusif untuk bayi. Pemberian ASI ekslusif juga merupakan inovasi Desa Tompotika Makmur, yang diberi nama Patroli ASI.

Inovasi Patroli ASI ini melibatkan kader posyandu dan bidan desa yang mengecek, mendata dan menyosialisasikan manfaat ASI eksklusif untuk balita secara berkala selama 6 bulan bagi ibu-ibu menyusui di Desa Tompotika Makmur.

Setelah melalui pemantauan selama 6 bulan, para kader posyandu bersama bidan desa akan menentukan ibu menyusui yang rutin memberikan ASI eksklusif kepada balita, yang kemudian mendapat apresiasi oleh pemerintah berupa pemenuhan kebutuhan pokok balita.

Inovasi Patroli ASI ini bertujuan agar para ibu mengetahui bahwa pemberian ASI eksklusif memiliki banyak manfaat bagi sang bunda dan si buah hati serta mencegah stunting. Pemberian ASI bagi balita akan memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan ikatan emosional dengan ibu serta berpengaruh terhadap tumbuh kembang si kecil.

Bupati mengatakan, pemberian ASI sangat penting bagi pertumbuhan bayi sejak kelahiran hingga usia 6 bulan, karena dapat membantu tumbuh kembang bayi dengan baik.

Bupati menambahkan bahwa apresiasi untuk ibu menyusui yang terpantau aktif memberikan ASI eksklusif kepada balita, merupakan cara pemerintah untuk memotivasi setiap ibu akan pentingnya pemberian ASI sebagai asupan terbaik bagi bayi.

“Saya berharap kedepan inovasi seperti ini bisa digeliatkan di semua desa sehingga balita Kabupaten Banggai lebih sehat dam cerdas,” pinta Herwin.

Usai menyampaikan arahan, Bupati memberikan perlengkapan dan peralatan bayi kepada empat orang ibu menyusui sebagai bentuk apresiasi atas pemberian ASI eksklusif kepada bayi.

Turut hadir mendampingi Bupati Herwin Yatim, yakni Ketua DPRD Banggai, Suprapto N. NAL

Pos terkait