Pembelajaran Tatap Muka Dibuka Bertahap

  • Whatsapp
Djamaluddin Mansoba

BANGGAI RAYA- Satuan pendidikan di Sulteng khusus zona hijau dan kuning boleh melaksanakan proses belajar mengajar tatap muka. Namun, pemberlakuan belajar mengajar itu dilakukan secara bertahap. Diawali dengan masa transisi selama tiga bulan, yaitu Oktober hingga Desember terhadap satuan pendidikan yang benar-benar telah memenuhi standar sarana prasarana dalam pencegahan Covid-19

“Semua zona wajib memastikan seluruh kepala satuan pendidikan mengisi daftar periksa pada laman DAPODIK atau EMIS untuk menentukan kesiapan satuan pendidikan. Dan tidak memperbolehkan pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan yang sudah memenuhi daftar periksa, namun kepala satuan pendidikan menyatakan belum siap,” tutur Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, Djamaluddin Mansoba kepada Banggai Raya via pesan WhatsApp, Selasa (8/9/2020).

Disdik Banggai sebut dia, belum dapat memastikan kapan kepastian pembukaan pembelajar tatap muka. Instansinya sebut Djamaluddin, menunggu perintah kepala daerah. “Untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada Oktober 2020 mendatang, kita menunggu saja perintah atasan, kalau disuruh buka sekolah, ya kitorang buka,” tulis Djamaluddin Mansoba.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah telah mengeluarkan surat edaran nomor 001/12.SEK/DIKBUD, tertanggal 24 Agustus 2020 tentang perubahan pedoman penyelenggaraan pembelajaran di Satuan Pendidikan Terpadu Madani/SMANOR/SMA/SMK/SLB Provinsi Sulawesi Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021 di masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Sebelum penerapan pembelajaran tatap muka dimulai sebut Djamaluddin, kepala satuan pendidikan harus memastikan sarana prasarana di sekolah apakah sudah tersedia dan memadai atau belum. Harus ada pula surat pernyataan orang tua murid yang memberi izin anak untuk mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah.

Satuan pendidikan katanya, senantiasa berkoordinasi dengan tim satuan tugas penanganan Covid-19 provinsi dan kabupaten/kota, untuk kemudahan mengakses fasilitas layanan kesehatan.

Pembelajaran tatap muka di satuan pendidikan se Sulteng dan SMA Terpadu Madani Palu, paling cepat diberlakukan pada tanggal 1 Oktober 2020. RUM

Pos terkait