Pelantikan PMI Kecamatan se Kabupaten Banggai, Hidayat Lamakarate Apresiasi Pemerintah Daerah

BANGGAI RAYA- Pelantikan dan pengukuhan Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kecamatan se Kabupaten Banggai yang dilaksanakan di ruang rapat umum Kantor Bupati Banggai, Selasa (6/2/2024) pagi mendapatkan apresiasi Ketua PMI Provinsi Sulawesi Tengah, Dr. Drs. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si.

Apresiasi tersebut disampaikan, disaat Hidayat Lamakarate memberikan sambutannya.

“Kemudian, kita perlu memberikan apresiasi. Saya sebagai Ketua PMI Provinsi Sulteng memberikan apresiasi dan kehormatan kepada pak Bupati Banggai, yang hari ini (Selasa) telah disematkan rol pin PMI sebagai tanda dimana pak Bupati Banggai akan memberikan terus dukungan dan suport atas pelaksanaan PMI Banggai,” kata Hidayat Lamakarate.

Kolaborasi ini kata dia, memang diharapkan seperti diamanatkan oleh undang-undang terbaru PMI. Itu diamanatkan kolaborasi pemerintah pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten.

BACA JUGA:  Perindo Laporkan Dugaan Kecurangan Pemilu di Toili Barat Banggai

“Di Banggai, saya kira pertama kali pak bupati, saya menghadiri pelantikan pengurus kecamatan dihadiri oleh pak bupati dan pengurusnya, serta semuanya,” akuinya.

Menurut Hidayat Lamakarate, ini tanda bahwa PMI Kecamatan se Kabupaten Banggai betul-betul telah menjalankan amanat organisasi. PMI Provinsi Sulteng tentu akan menjadikan ini sebagai model untuk diteruskan ke kabupaten/kota se Sulteng.

“Dimana kepengurusan PMI harus terbentuk sampai ke tingkat kecamatan. Kemudian ada rencana untuk membentuk SIBA di setiap desa. Kalau ini terwujud, inilah kekuatan orang biasa yang tujuannya adalah memastikan bahwa PMI akan selalu hadir disetiap peristiwa,” harapnya.

PMI sebut dia, berkenan hadir disetiap peristiwa, ketika semua orang belum datang. Maka PMI akan pertama kali menaikan benderanya kesana sebagai organisasi kemanusiaan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat.

BACA JUGA:  Universitas Padjadjaran - Pemda Banggai Tandatangani Kerja Sama Pendidikan 

“Insya Allah, kalau ini bisa terlaksana, ini juga akan menjadi model, kemudian kita akan laporkan ke pemerintah pusat, bahwa satu kabupaten di Sulteng telah melengkapi semua kepengurusananya sampai ke tingkat kecamatan, yang telah dikukuhkan dan dihadiri oleh bupati,” katanya.

Selanjutnya, Ia berharap, mudah-mudahan Bupati Banggai terus berkomitmen untuk melihat PMI ini sebagai organisasi kemanusiaan yang perlu terus di suport, sebagaimana di provinsi bersama dengan Gubernur Sulteng, bahwa keberadaan PMI adalah organisasi yang betul-betul bekerja dengan 7 prinsip-prinsip dasar palang merah.

“Saya kira, saya sebagai ketua PMI Provinsi Sulteng, sekali lagi memberikan apresiasi yang tinggi. Kemudian bisa bersama-sama dengan kepengurusan lainnya, bisa membawa organisasi ini bekerja secara maksimal, kemudian terus melaksanakan lolaborasi pemerintah kabupaten dan kecamatan,” harapnya.

BACA JUGA:  Nyaleg di Dapil Jakarta 1, Politisi NasDem Ahmad Ali Terancam Tak ke DPR RI

Kemudian, Hidayat mengimbau kepada para Camat se Kabupaten Banggai selaku pelindung PMI kecamatan, keberadaan organisasi PMI ini dapat menjadi mitra di tingkat kecamatan. Serta tidak perlu ragu-ragu para camat, apabila ada kegiatan kemanusiaan di kecamatan untuk menggunakan PMI.

“PMI akan selalu siap setiap waktu untuk mendukung dan mensuport kegiatan-kegiatan pemerintah yang tujuannya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat,” tuturnya.

“Kita selalu berkomitmen bahwa PMI akan selalu hadir, jika semua orang belum hadir, PMI akan selalu ada di wilayah, ketika orang semuanya sudah tidak ada, sampai akhirnya masyarakat sudah selesai urusannya, baru PMI meninggalkan tempat, dimana kita bekerja,” pungkasnya. RUM