Pelantikan Kades Terpilih Diagendakan 22 Desember

  • Whatsapp
Amin Jumail

BANGGAI RAYA- Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak gelombang tiga tahun 2021 telah selesai dilaksanakan 1 Desember 2021. Adapun tahapan selanjutnya adalah pelantikan kades terpilih.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Banggai, Amin Jumail mengatakan bahwa pelantikan kades terpilih dijadalkan pada 22 Desember. “Sesuai tahapan, untuk pelantikan kades terpilih dijadwalkan 22 Desember,”kata Amin Jumail, Senin (6/12/2021).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan bahwa pelaksaan Pilkades tahun ini berjalan lancar. Meski terdapat gugatan dari sejumlah calon. “Alhamdulilah seluruh tahapan berjalan lancar,” tuturnya.

Terkait dengan gugatan calon kepala desa, Amin menambahkan sejauh ini hanya ada dua calon, yakni calon kades dari Desa Pohi dan Desa Bantayan, Kecamatan Luwuk Timur.

Menurut dia, gugatan tersebut akan diselesaikan oleh Tim Penyelesaian Perselisihan Hasil (P2H) Pilkades serentak. “Tanggal 9 Desember akan disidangkan terkait dengan gugatan,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, untuk Desa Bantayan terdapat hasil suara yang seimbang atau draw, yaitu nomor urut 1, Zukarnain Tangahu dengan nomor urut 5, Amirudin Palalas yang sama-sama meraih 243 suara. Sedangkan untuk Desa Pohi, calon Kades nomor urut 4, Sutrisno Yinata mengajukan hitung ulang surat suara.

“Untuk hasil apakah dilakukan pemungutan suara ulang menunggu putusan tim P2H. Kemudian ada pengajuan gugatan ke sekretariat Tim P2H, yaitu calon Kades Pohi. Pokok gugatan dilakukan perhitungan suara ulang kotak suara di Dusun 1 dan Dusun 2,” ungkap Kepala Seksi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, DPMD Kabupaten Banggai, Trasno kepada Banggai Raya, Minggu (5/12/2021). (*)

Penulis: Zainuddin Lasita/Muh Rum Lengkas

Pos terkait