Pekan Ini, Pelantikan PKD Rampung

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Bawaslu Banggai  menargetkan pelantikan Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan dan Desa (PKD) yang tersebar di 23 kecamatan rampung pada Jumat (20/3/2020).

Kepada Banggai Raya, Rabu (18/3/2020), Ketua Bawaslu Banggai, Bece Abd Junaid mengatakan, pelantikan dari PKD sementara berjalan dan dilakukan oleh masing- masing komisioner di wilayah mereka.

Bacaan Lainnya

“Sementara ini, kami masih melantik PKD dan memberikan bimbingan teknis berkaitan dengan proses pengawasan di Pemiihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020,” ungkap Bece Abd Junaid kepada Banggai Raya, Rabu (18/3/2020).

Diketahui, jumlah PKD yang dilantik setelah diumumkan hasil seleksi berjumlah 46 Panwaslu kelurahan dan 291 Panwaslu desa.

“Semua komisoner ada di wilayah masing-masing dan sementara proses pelantikan sekaligus pengambilan sumpah dan janji. Sekarang ini sudah 75 persen kecamatan sudah selesai pelantikan,” tutur dia.

Setelah pelantikan ini selesai, maka setiap PKD sudah bisa menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pengawas proses tahapan Pilkada 2020. “Besok (hari ini) ada 11 kecamatan yang akan melantik PKD, kemudian di Jumat (20/3/2020) ada dua kecamatan lagi dilantik. Nah, PKD yang sudah dilantik sudah boleh melaksanakan tugas mereka masing-masing,” jelasnya. SAH