Peduli Dampak Covid-19, Kodim 1308/LB dan Polres Banggai Buka Dapur Umum

DIBUKA SELAMA BULAN SUCI RAMADHAN

BANGGAI RAYA- Kodim 1308 Luwuk Banggai dan Polres Banggai membuka dapur umum yang bertajuk ‘Sinergitas TNI-Polri Peduli Covid-19’, Rabu (29/4/2020) bertempat di lapangan Futsal Makodim 1308/LB, Jalan Samratulangi, Kelurahan Bungin, Kecamatan Luwuk.

Dapur umum ini dibuka semata-mata untuk membantu warga ekonomi lemah yang terdampak wabah virus corona atau Covid-19. Sebanyak 26 kepala keluarga menjadi sasaran dalam kegiatan dapur umum tersebut dengan dibagikan 100 dos nasi kotak dan takjil berupa kacang hijau.

Pembagian menu siap saji itu dilakukan dari rumah ke rumag di Kelurahan Bukit Mambual dan Kelurahan Kompo Kecamatan Luwuk Selatan.

Sebelumnya, Senin (27/4/2020), kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan dengan sasaran masyarakat di Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk. Jumlah penerima makanan siap saji di desa itu berjumlah 47 KK yakni 100 dos nasi dan takjil.

BACA JUGA:  Harga Gas Elpiji Tembus Rp60 ribu, Akademisi : Pemda Harus Tegas Pada Pangkalan

Dandim 1308/LB, Letkol Inf Fanny Pantouw, M.Tr.Han., M.I.Pol, pada kesempatan tersebut mengatakan, pemberian makananan siap saji ini gratis dan ini adalah hasil kerja atau masakan dari Personil TNI/Polri. Hal ini merupakan bentuk tindakan kemuliaan, yang didasari solidaritas dan kepedulian aparat terhadap warga ekonomi lemah dalam menyikapi merebaknya pandemi Virus Covid -19.

“Dapur umum TNI/Polri kita mengolah masakan, dari  hasil olahan itu, makanannya dibagikan ke warga ekonomi lemah. Melalui kegiatan ini pula setidaknya kita berusaha membantu dan meringankan beban warga, walau hanya sedikit. Mudah mudahan bantuan kita ini mendapat berkah,” ujar Letkol Inf Fanny Pantouw.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

Lanjut Dandim, tujuan dapur umum TNI/Polri untuk membantu warga imbas dari wabah Virus Covid -19.  “Bantuan kita ini tidak untuk mengenyangkan warga, tetapi dapat menyambung hidup, karena kita tahu bantuan kita hanya sedikit namun diharapkan dapat bermanfaat,” kata Fanny Pantouw

Dalam kesempatan yang sama, Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kodim 1308 Luwuk Banggai, Kapten Inf Ardiansyah selaku koordinator dapur umum bersama TNI/Polri mengatakan, kegiatan dapur umum ini merupakan sinergitas TNI/Polri Peduli COVID-19. Dan tempat pelaksanaan kegiatan proses sajian menu siap saji yakni di halaman Makodim 1308/LB.

BACA JUGA:  Naas! Lakalantas di Masama Banggai, Dua Pemotor Alami Patah Tulang

Lanjutnya, untuk menu makanan yang dibagikan ke warga merupakan masakan berasal dari personil TNI dan Polri. Kegiatan ini akan berjalan selama bulan ramadhan.

“Dalam sepekan tiga kali, masakan siap saji merupakan olahan dapur umum TNI/Polri, kemudian dibagikan ke warga, dan kegiatan ini juga adalah bentuk sinergitas antara TNI/Polri serta Pemda Banggai dan pihak terkait lainya yang peduli terhadap warga dalam situasi Pandemi COVID-19,” tutur Kapten Inf Ardiansyah.

Hadir dalam kegitan itu Kapolres Banggai, AKBP Budi Priyanto, S.Ik., M.Si., Kasdim 1308/LB Mayor Inf Red Abner Patambo, Para Perwira Staf Kodim 1308/LB, Danramil 1308-01/Luwuk Kapten Inf Supartono, Dan Tepbek XIII-44-02 Luwuk Bekangdam XIII Merdeka Lettu Cba Nelson Sinuhaji dan Kanit Binmas Polres Banggai Ipda (Polwan), serta para angota TNI/Polri lainya selaku pendukung kegiatan dapur umum. JAD