Pedagang Pasar Simpong Luwuk Mulai Pindah

BANGGAI RAYA-Rencana Pemerintah Kabupaten Banggai untuk memindahkan pedagang yang berjualan di area jalan komplek Pasar Simpong Luwuk ke Terminal Tanjung Tuwis di Kilo Delapan Luwuk Selatan, terus berjalan.

Ratusan pedagang yang menempati jalur jalan mulai membongkar lapak mereka sejak beberapa hari terakhir, dan mulai pindah ke lokasi baru di kawasan terminal yang hanya berjarak sekira 2 kilometer dari Bandara Syukuran Aminudin Amir Bubung Luwuk.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Dari amatan di Pasar Simpong Senin (17/7/2023), jalur jalan di pesisir pantai dalam kawasan pasar tradisional tersebut, sudah mulai steril. Pedagang di sisi tengah telah membongkar lapak mereka, sementara pedagang di pesisir pantai, satu per satu mulai membongkar lapak darurat mereka. Di kawasan tersebut, rata-rata yang masih tersisa adalah pedagang ikan dan beberapa pedagang sayur.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Sejumlah pedagang mengatakan, mau tidak mau mereka harus membongkar lapak dan pindah, sebab bila tidak membongkar sendiri, mereka khawatir akan dibongkar paksa menggunakan alat berat. “Daripada dibongkar excavator, lebih baik kami bongkar sendiri, supaya bahan bangunannya masih bisa dipakai di terminal (lokasi pasar baru,red),” kata sejumlah pedagang.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Namun mereka berharap, ASN yang menurut Bupati Banggai akan diminta belanja di pasar baru di terminal Kilo Delapan, benar-benar bisa diperintahkan belanja di pasar baru tersebut, agar pedagang pindahan tak rugi. DAR

Pos terkait