PBI FKIP UMLB Sukses Gelar Kuliah Pakar

  • Whatsapp
PBI FKIP UMLB melakukan kuliah pakar dengan menghadirkan narasumber Dr. Sumarlin Rengko.FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai (UMLB) menggelar Kuliah Pakar, Rabu (29/9/2021) secara online via zoom.

Kuliah pakar ini mengangkat tema ‘Keragaman Linguistik dan Peranannya dalam Pembelajaran Bahasa’ dan dibuka oleh Dekan FKIP UMLB, Armin Haluti S.Pd., M.Pd.

Bacaan Lainnya

Prodi PBI FKIP UMLB menghadirkan Dosen Pakar dari Universitas Hasanudin (Unhas) sebagai narasumber. Ia adalah Dr. Sumarlin Rengko HR., S.S., M.Hum., yang merupakan Dosen Fakultas Ilmu Budaya Unhas.

Jalannya kuliah pakar ini dipimpin oleh Yuliana Mangendre selaku moderator dan diikuti ratusan mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, di semua angkatan.

Ketua Prodi PBI FKIP UMLB, Mukmin S.Pd., M.Pd., menjelaskan, dalam paparannya, narasumber lebih banyak menyoroti tentang sastra lisan.

“Beliu banyak membahas tentang sastra dan bahasa yang ada di Luwuk Banggai yakni bahasa daerah Babasal (Banggai, Balantak, dan Saluan),” ujar Mukmin yang dikonfirmasi Banggai Raya, Rabu (29/9/2021).

Kemudian, narasumber juga mendorong mahasiswa dan dosen untuk mengangkat riset-riset yang berhubungan dengan Babasal tersebut. Dengan harapan, bahasa daerah yang ada di Kabupaten Banggai ini bisa terkenal di dunia internasional.

“Karena berdasarkan penelusuran beliau (narsumber) tentang Bahasa Banggai itu masih sangat kurang. Jadi ini didorong, agar mahasiswa dan dosen untuk mengangkat itu,” katanya.

Dengan menghadirkan narasumber dari Unhas, Ia berharap dalam menjalin silaturahmi yang baik dengan Unhas tentunya. Khususnya dengan para dosen di bidang Bahasa Linguistik.

“Semoga kedepannya, kita bisa membuat program-program lainnya, dan bisa berkolaborasi di bdiang riset. Apalagi tadi juga hadir dosen-dosen kita yang calon doctor. Harapannya, kedepan bisa berkolaborasi dalam bidang riset, utamanya soal Kebahasaaan Linguistik,” harapnya.

Sementara itu, Dekan FKIP UMLB, Armin Haluti S.Pd., M.Pd., berharap melalui kuliah pakar ini bisa menambah ilmu pengetahuan di Bidang Linguistik, Budaya Kearifan Lokal dan Etnografi bagi mahasiswa FKIP khususnya mahasiswa Prodi PBI.

“Kemudian, pesan saya agar ilmu yang diperoleh dari kuliah pakar ini menjadi salah satu referensi bagi Dosen FKIP demi kualitas pendidikan kedepan yang lebih baik,” tandasnya. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait