Pastikan Penanganan Stunting, Ketua TP-PKK Banggai Monev di Minahaki

BANGGAI RAYA-Dalam rangka memastikan kondisi stunting di lokus stunting, Ketua TP-PKK Kabupaten Banggai Syamsuarni Amirudin, melakukan kunjungan kerja sekaligus monitoring dan evaluasi di Desa Minahaki Kecamatan Moilong Kabupaten Banggai. Selaku Ibu Asuh Stunting di desa ini, Syamsuarni punya kewajiban moril untuk memastikan kondisi terakhir keberadaan keluarga dengan anak berisiko stunting.

Sampai hari ini, tercatat sudah kesekian kalinya Ketua TP-PKK Kabupaten ini mengunjungi para orang-tua dengan balita dan anak risiko stunting. “Tanggung-jawab selaku Orang-Tua Asuh Stunting yang dipegang di desa ini harus dimaknai dengan sesungguhnya,” ujar Syamsuarni.

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Dari data hasil evaluasi katanya, sampai dengan Kamis (13/6), jumlah angka stunting di Desa Minahaki Kecamatan Moilong mengalami penurunan menjadi 9 anak setelah setelah sebelumnya tercatat 18 anak yang kemudian turun menjadi 13 anak.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

Mengutip pesan Bupati Banggai, Syamsuarni menjelaskan bahwa data ini didapat dari hasil pencatatan setiap hari, setiap minggu dan setiap bulan. “Sehingga bila angka-angka ini kalau memang turun, ya data stunting untuk seger dilaporkan,” terangnya.

Seperti diketahui, pemerintah telah menargetkan untuk penurunan stunting secara menyeluruh, secara nasional sampai ke tingkat kabupaten.

BACA JUGA:  Ribuan Warga Toili Sambut Ahmad Ali-Sulianti Murad

Bupati Banggai Amirudin beberapa waktu lalu berharap, penurunan stunting di Kabupaten Banggai mampu mencapai target nasional. “Tahun 2045 itu adalah generasi emas untuk bangsa Indonesia,” kata Amirudin.

Turut mendampingi saat mengunjungi orang-tua dengan balita dan anak resiko stunting Sekcam Moilong, Kades Minahaki, Wakil Ketua TP-PKK Kecamatan Moilong, Kepala Puskesmas Toili 1 dan Kepala Gizi Puskesmas Toili 1.**

Pos terkait