Partisipasi Masyarakat Penting Sukseskan Pesta Demokrasi

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Genderang Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Provinsi Sulawesi Tengah telah di mulai, salah satu daerah yang akan melaksanakan Pilkada, yakni Kabupaten Banggai Laut. Tahapan Pilkada para bakal calon bupati dan wakil bupati sudah memasuki tahapan pemeriksaan kesehatan.

Sejumlah aktivis mahasiswa asal Banggai Laut di Luwuk menyoroti dan mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi atau terlibat aktif dalam Pilkada serentak.

Hal itu disampaikan mahasiswa Unismuh Luwuk yang juga Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Banggai, dan Pemuda Tinakin Darat, Banggai Laut, Risal R. Adja.

Menurut Risal, untuk membuka wawasan masyarakat, betapa pentingnya keterlibatan dan partisipasi publik dalam pesta demokrasi yang diperhadapkan dengan situasi bencana nasional, yaitu wabah Covid-19 ini.

Sebagai aktivis, dia berharap Pilkada tahun 2020 ini, bisa berlangsung secara demokratis, tidak ada politik uang dan ujaran kebencian, terhindar dari unsur SARA, serta berjalan dengan damai. “Untuk menilai seberapa penting suksesnya pesta demokrasi adalah keterlibatan dan partisipasi publik. Sehingga kualitas legitimasi demokrasi terlihat jauh lebih baik,” kata Risal R. Adja kepada Banggai Raya, Minggu (13/9/2020) melalui pesan WhatsApp.

Dengan situasi pandemi saat ini, dia berharap supaya pemerintah pusat maupun pemerintah daerah agar bisa memberikan perhatian khusus terhadap diberlakukannya protokol kesehatan pada tahapan pesta demokrasi.

Sesuai dengan undang-undang aturan larangan terhadap ASN berpolitik, yakni UU nomor 5 tahun 2014, tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik pegawai negeri sipil (PNS). Undang-undang nomor 10 tahun 2016, selanjutnya ditegaskan dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 42 tahun 2004 dan PP nomor 53 tahun 2010.

“Kami berharap para ASN tidak terlibat politik, dan menjaga netralitas sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sebagai kontrol sosial yang mewakili masyarakat, kami para aktivis mahasiswa akan senantiasa melakukan langkah-langkah strategis dalam mengawal Pilkada di Kabupaten Banggai Laut. Dan juga kami berharap kepada penyelenggara agar meningkatkan kepercayaan masyarakat, dengan membentuk sinergitas dan komitmen bersama dalam menghadapi Pilkada pada Desember 2020,” tambahnya. RUM

Pos terkait