Pantau Kondisi Kota Luwuk, Banggai Segera Miliki Command Center

BANGGAI RAYA-Beberapa bulan ke depan, Pemerintah Kabupaten Banggai akan segera memiliki sarana untuk memantau kondisi kota Luwuk melalui fasilitas command center atau pusat komando.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Lesmana Kulap di hadapan wartawan, Selasa (9/1/2023) mengatakan, tahun 2024 ini dinas yang dipimpinnya sudah menyiapkan sarana pemantauan kota melalui super apps. Dengan sarana ini kata dia, aktivitas Kota Luwuk bisa terpantau 24 jam melalui layar monitor. 

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Untuk penunjangnya, DKISP menyiapkan lebih 200 kamera untuk tahap awal, dan selanjutnya terus ditambah hingga 500 kamera di dalam kota sampai kawasan Bandara SA Amir.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

“Nantinya Bupati Banggai bisa memantau Luwuk dan berbagai aktivitas yang terjadi. Sarana ini juga bisa dimanfaatkan pihak lain seperti kepolisian, apabila terjadi tindak pidana,” tuturnya.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Program ini kata Lesmana, akan mendukung target Luwuk sebagai smart city. “Nantinya, sarana berbasis aplikasi ini akan bisa meminimalisir tindak kejahatan, sebab ada alat yang bisa memantau beragam kondisi,” ujarnya. DAR

Pos terkait