Pameran Ekraf Tampilkan Busana Daur Ulang

  • Whatsapp
PAMERAN Ekonomi Kreatif yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai, di RTH Teluk Lalong Luwuk. FOTO: RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Banggai menggelar Pameran Ekonomi Kreatif (Ekraf) Tahun 2021 selama 4 hari yang telah dibuka Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka, di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong, pada Selasa malam (9/11/2021).

Pameran Ekonomi Kreatif itu, menampilkan busana-busana daerah daur ulang dari bahan limbah kulit jagung, tikar anyam, dan kain dari limbah sarung tepung terigu yang sudah dijadikan sebagai busana daerah Kabupaten Banggai, oleh perancang busana Adris Supu atau Adi Salon.

Bacaan Lainnya

Tampil pula busana dari daerah di wilayah Kabupaten Banggai, seperti busana daerah Saluan dengan modifikasi dengan bahan kain tenun khas Kecamatan Nambo, baju adat Balantak asli, baju adat Saluan asli, baju adat asli Andio serta baju adat asli Banggai.   

Seni pertunjukan komunitas Seni Rompong berupa musik zombie musik tradisi, alat musik pengiring umapos, gambus, karambangan dan alat musik buatan sendiri.

Kemudian dari stan pameran ekonomi kreatif JOB Tomori, menghadirkan mitra binaan, yaitu Bank Sampah Montolutusan serta menampilkan minuman herbalĀ  dari Desa Slametharjo, Kecamatan Moilong, seperti minuman sari temulawak, sariu komplit, sari kunyit mangga, virgin coconut oil (VCO) dan lain sebagainya.

Stan Jamila Barokah menampilkan makanan keripik pisang louwe rasa original, pedas manis dan keju. Kemudian ada brownies pisang raja, kue brudel manado, cake brownies dan biji-biji rempah khas Manado. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas

Pos terkait