PAI Unismuh Luwuk Akan Realisasikan 5 Program Kampus Merdeka

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh Luwuk akan merealisasikan sedikitnya lima program merdeka belajar kampus merdeka yang didanai oleh Mekdibud. Lima program itu adalah KKN Tematik MBKM, PPL, pertukaran mahasiswa, penelitian secara kolaboratif dan penguatan tata kelola pendidikan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim MBKM, FAI Unismuh Luwuk, Agung K Djibran saat memberikan sambutan di pembukaan pembakalan KKN Tematik MBKM, Selasa (6/10/2020) di pascasarjana. 

“Ada lima program yang akan diimplementasikan dalam program MBKM ini. Yaitu pertama KKNT MBKM, kedua PPL, pertukaran mahasiswa, riset kolaboratif, dan penguatan tata kelola pendidikan,” ujar Agung K Djibran yang juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan itu.

Untuk program pertukaran mahasiswa, nantinya akan ada mahasiswa dari kampus hijau ini belajar atau magang di PAI Unismuh Palu. Begitu juga dengan riset atau penelitian kolaboratif, Dosen PAI Unismuh Luwuk akan bekerjasama dengan Dosen PAI di Unismuh Palu. “Sementara untuk program penguatan tata kelola pendidikan, kami akan bekerja sama dengan Pemda dalam hal ini Dinas Pendikan dan juga Kemenag Banggai,” katanya.

Program kampus merdeka ini kata Agung, ditargetkan selesai pada 10 Desember 2020 dan akan dipertanggungjawabkan kepada pemerintah pusat yakni Mendikbud.

Diketahui, Unismuh Luwuk menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Kabupaten Banggai yang mendapatkan bantuan dana hibah untuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Dan prodi PAI menjadi salah satu prodi penerima dana hibah tersebut dari 605 prodi dari 184 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang lulus se Indonesia.

Hal itu berdasarkan penyeleksian Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kemendikbud RI.

“Jumlah proposal yang diterima 1.668 dari 324 perguruan tinggi. Jumlah proposal yang lolos seleksi administrasi 1.337 dan yang lolos sebagai penerima bantuan kerjasama kurikulum MBKM hanya 605 prodi dari 184 perguruan tinggi negeri dan  swasta se Indonesia. Dan Prodi PAI, FAI Unismuh Luwuk menjadi salah satu penerima bantuan itu,” jelas Agung yang disambut tepuk tangan.

Ia berharap, lolosnya Prodi PAI mendapatkan bantuan program MBKM ini, semoga menjadi motivasi bagi prodi lainnya. Sehingga prodi-prodi lainnya kedepan bisa mendapatkan juga dana  hiba yang sama. JAD

Pos terkait