Pagar Tembok Lapas Luwuk Ambruk

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Lemabaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Luwuk dan warga sekitar dikejutkan dengan ambruknya tembok pagar di Lapas tersebut, Rabu sore (10/6/2020) sekitar Pukul 15.00 Wita. Ambruknya pagar tembok itu itu diduga karena dampak intensitas hujan yang begitu tinggi beberapa hari ini.

Insiden ambruknya tembok pagar Lapas Luwuk itu, tidak menelan korban. Hanya membuat kaget para warga penghuni kos di samping pagar tersebut.

Sesuai amatan media ini, robohnya tembok pagar itu, juga menimpa kandang ternak ayam milik seorang penghuni kos. Kemudian bekas runtuhan tembok menutupi saluran pembuangan di kos tersebut.

“Kejadiannya saat salat Ashar. Dan menimpah kandang ayam kami, satu ekor ayam kami yang mati. Kemudian reruntuhan pagar telah menutupi got, air pembuangan kami tidak bisa jalan lagi, sudah ta tutup dengan bekas tembok pagar. Ini yang pusing kami mau pikirkan,” kata salah seorang warga kos tersebut kepada Banggai Raya, Kamis (11/6/2020).    

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Luwuk, Edi Sigit Budiman menyampaikan, kronologis kejadian bahwa pada Rabu, tanggal 10 Juni 2020 sekira pukul 15.00 telah roboh tembok pagar milik Lapas Luwuk di sebelah barat.

“Tembok Lapas Luwuk bagian Barat (di samping blok tahanan) dengan panjang kerusakan kurang lebih 50 meter, tembok yang roboh,” kata Kalapas Luwuk, Edi Sigit Budiman kepada Banggai Raya melalui pesan WhatsApp.

Menurut dia, dalam catatan bahwa sejak terjadinya gempa di Palu, Sulteng pada tahun 2018 lalu, tembok pagar itu sudah mengalami kemiringan dan keretakan sepanjang 30 meter.

Atas kejadian itu kata dia, pihak Lapas Luwuk langsung mengambil tindakan dengan melaporkan secara lisan kepada Kadivpas, serta meminta petunjuk dan menerima instruksi sesuai SOP.

“Kami telah melaporkan kepada Bupati dan Kapolres Banggai. Serta mengkoordinir regu pengamanan yang sedang bertugas, agar segera mengamankan WBP berada di blok tahanan di samping tembok yang roboh. Menghubungi warga yang berada di sekitar tembok pagar Lapas Luwuk, agar mengamankan diri, menjauh dari tembok tersebut. Lapas Kelas II B Luwuk telah mengambil langkah-langkah sesuai standar operasional prosedur,” pungkasnya. RUM

Pos terkait