Padepokan IPSI Banggai Dipenuhi Sampah

  • Whatsapp
SAMPAH berserakan di Gedung Padepokan IPSI Kabupaten Banggai. FOTO: RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA- Gedung Padepokan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Banggai yang berlokasi di jalan Ahmad Yani, Kelurahan Luwuk tepat di depan kantor PT. Telkom Cabang Luwuk terlihat kotor.

Pasalnya, seluruh ruangan tempat latihan sudah dipenuhi oleh sampah dedaunan dari pohon di sekitar gedung. Di sudut kanan atau tepatnya di bawah tangga terdapat tumpukan sampah.

Bacaan Lainnya

Diperkirakan sampah ini merupakan bekas minuman dan makanan para penonton saat digelarnya kegiatan Balapan Motor Bupati Cup Prix 2021, di area Tugu Adipura Luwuk, belum lama ini.

Sekretaris Pengkab IPSI Kabupaten Banggai, Sunarto Awe mengaku, akan membersihkan arena latihan. “Ada rencana kerja bakti para pengurus IPSI Banggai. Hanya belum ada waktu untuk kegiatan bersih-bersih di padepokan itu,” kata Sunarto kepada Banggai Raya, Rabu (5/1/2022).

Fakta sampah berserakan itu diakui Sunarto, karena sejumlah perguruan pencak silat belum menggelar latihan pascapandemi. Praktis, latihan di padepokan itu belum aktif.

Dosen FKIP Unismuh Luwuk ini berharap, gedung Padepokan IPSI Banggai ini bisa direhabilitasi kembali, dengan membangun dinding dan pintu agar warga tidak leluasa masuk arena latihan.

Sementara itu, Ketua Harian Pengkab IPSI Banggai, dr. Gunawan menyampaikan, terima kasih kepada media ini yang telah mengingatkan tentang kebersihan di lingkungan Padepokan IPSI Banggai. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas
Editor: Sutopo Enteding

Pos terkait