Nurmasita : Positif atau Negatif Corona Ditentukan Swab

  • Whatsapp
Ilustrasi

BANGGAI RAYA- Walaupun pernah ada hasil rapid test atau tes cepat yang menyebutkan bahwa satu pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Banggai positif Covid-19, namun penentu akhir seseorang dinyatakan positif atau negatif virus corona tetap hasil uji swab atau usap tenggorokan.

Hal itu disampaikan juru bicara Tim Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Banggai Nurmasita Datu Adam dalam rilisnya, Kamis (2/4/2020).

Menurut dia, hasil rapid tes satu PDP di Banggai memang positif, namun uji swab pertama yang dilakukan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Makassar menyatakan hasilnya negatif. Saat ini, uji swab kedua masih dilakukan di Makassar dan hasilnya tengah ditunggu pihak RSUD Luwuk.

Perbedaan hasil antara rapid tes dengan uji swab itu kata dia, sebab rapid tes yang terdeteksi antibodinya akibat pernah terpapar virus, jadi bisa positif, bisa juga negatif.

Sedangkan pemeriksaan swab, kumannya yang terdeteksi. “Hasil swab pertama negatif, saat ini menunggu hasil kedua lagi, mudah-mudahan negatif juga hasilnya,” tutur Nurmasita. DAR

Pos terkait