NasDem Menang di Dapil 3 Banggai, Kursi Terdistribusi di 4 Partai

BANGGAI RAYA-Daerah Pemilihan (Dapil) Banggai 3 yang meliputi Kecamatan Masama, Lamala, Mantoh, Balantak Selatan, Balantak dan Balantak Utara hanya terdiri dari 4 kursi untuk DPRD Banggai. Karenanya, pertarungan parpol dan caleg di dapil timur Kabupaten Banggai itu terbilang sengit.

Berdasarkan data sementara yang dikumpulkan media ini dari berbagai sumber di lapangan, pemungutan suara yang berlangsung pada 14 Februari 2024 lalu, khusus untuk Dapil 3 dimenangi Partai NasDem. Meski demikian, partai dengan caleg andalan Sukri Djalumang itu diprediksi hanya meraih 1 kursi. Prediksi ini juga diperkuat data rekapitulasi sementara Partai NasDem, sebagaimana disampaikan salah satu calegnya Gafar Tokalang, Jumat siang (16/2/2024).

BACA JUGA:  Anggota DPRD Banggai Sebut Luwuk so Kotor

“Dari data yang kami kumpulkan, NasDem menang di Dapil 3, namun kisaran angkanya baru di 6.300-an. Ada pergerakan tambahan suara dari Mantoh, namun tidak signifikan,” tuturnya.

BACA JUGA:  Awal Masuk Sekolah, SMPN 3 Luwuk Gelar Halal Bihalal

Karenanya, ia mengakui besar kemungkinan NasDem tidak bisa meraih 2 kursi. “Suara PDIP juga sudah masuk dari Mantoh dan Lamala, dan lumayan banyak, sehingga 1 kursi kemungkinan tetep milik PDIP,” ujarnya.

BACA JUGA:  Harga Gas Elpiji Tembus Rp60 ribu, Akademisi : Pemda Harus Tegas Pada Pangkalan

Dari sumber lain menyebutkan bahwa setelah NasDem, ada Partai Gerindra di urutan kedua, kemudian Partai Golkar dan selanjutnya PDIP. “Benar, NasDem menang, tapi suaranya tidak cukup untuk mengkonversi 2 kursi di Dapil yang hanya 4 kursi itu. Yah, tersebar di 4 parpol itu,” kata sumber dari parpol tersebut. DAR

Pos terkait