Musrenbang RKPD 2021, Dewan Usulkan Prioritaskan Infrastruktur di Mantoh dan Lamala

BANGGAI RAYA– Pemerintah Daerah (Pemda) Banggai bersama DPRD Banggai menggelar rapat Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 melalui telekonferensi, Kamis (16/4/2020).

Rapat yang dipimpin Bupati Banggai, Herwin Yatim itu, diikuti unsur pimpinan dan anggota DPRD Banggai dan seluruh perangkat daerah di lingkup Pemda Banggai.

Dalam rapat yang juga diikuti Kepala Bappeda Sulteng itu, ada beberapa masukan atau pokok pikiran yang disampaikan pimpinan dan anggota DPRD Banggai, yakni berkaitan dengan program kerja untuk tahun 2021 mendatang.

Salah satunya adalah berkaitan dengan perbaikan infrastruktur jalan di Kabupaten Banggai yang merupakan kewenangan pemerintah provinsi.

Misalnya yang berada di Bualemo dan Balantak Utara. Jalan di dua wilayah itu diminta untuk dilakukan upaya pemeliharaan dan menjadi skala prioritas pemerintah provinsi untuk tahun mendatang.

“Kami minta agar ruas jalan Bualemo dan Balantak Utara segera dilakukan pemeliharaan dan menjadi prioritas di tahun depan,” kata Ketua Komisi I, DPRD Banggai, Masnawati Muhammad saat memberikan masukan dan saran dalam rapat tersebut.

Selain Masnawati, terkait perbaikan infrastruktur, juga disampaikan Ketua Komisi II, DPRD Banggai, Sukri Djalumang. Politisi Nasdem ini meminta kepada Pemda Banggai untuk lebih memprioritaskan infrastruktur jalan di wilayah dapil (Daerah Pemiihan) tiga, terutama di wilayah Kecamatan Mantoh dan Lamala.

Sebab lanjut Sukri, infrastruktur jalan di wilayah itu masih membutuhkan perhatian serius, dalam hal ini untuk dilakukan perbaikan.

Menanggapi hal itu, Bupati Banggai, Herwin Yatim mengatakan, terkait jalan di wilayah Kepala Burung memang sudah menjadi catatan bagi pemerintah provinsi untuk diprioritaskan di tahun depan.

Di kesempatan itu pula, Bupati Herwin langsung memerintahkan Kepala Dinas PUPR Banggai untuk menjadikan perhatian dan catatan atas masukan yang disampaikan Ketua Komisi II, DPRD Banggai, berkaitan dengan perbaikan jalan di wilayah Mantoh, Lamala dan sekitarnya.

“Dan terkait infrastruktur jalan di wilayah Mantoh, Lamala dan wilayah sekitarnya saya meminta kepada Kapala PUPR Banggai untuk menjadi perhatian dan catatan ke depan,” tuturnya. URY