Musrenbang Menyatukan Pikiran Pembangunan Berkelanjutan

  • Whatsapp
Bupati Banggai H. Herwin Yatim menyapa dan menyalami salah satu orang tua sebagai penghormatan saat menghadiri Musrenbang RKPD di Kecamatan Batui, Rabu (4/3/2020). FOTO: HUMAS PEMKAB BANGGAI

BANGGAI RAYA– Pemerintah Kabupaten Banggai melaksanakan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021 di tingkat kecamatan serta rembuk stunting tahun 2020.
Musrenbang RKPD ini digelar di semua wilayah kecamatan. Setiap kecamatan mendapat giliran yang sama untuk menggelar Musrenbang yang dihadiri langsung oleh Bupati Banggai H Herwin Yatim, Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo pimpinan DPRD Banggai bersama anggota serta para pimpinan OPD.
Musrebang Kecamatan dapat diartikan forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan kegiatan prioritas dari desa/kelurahan serta menyepakati rencana kegiatan lintas desa/kelurahan di kecamatan yang bersangkutan sebagai dasar penyusunan rencana kerja kecamatan dan rencana kerja perangkat daerah pada tahun berikutnya.
Bupati Banggai H. Herwin Yatim mengatakan bahwa Musrenbang tahun ini menjadi strategis menawarkan perencanaan kerja selanjutnya. Sehingga pembangunan tidak terputus sebagaimana yang dikenal dengan istilah suistainablity atau pembangunan berkelanjutan.
“Dengan kata lain bahwa Musrenbang kali ini adalah ajang untuk menyatukan pikiran satu sama lain, menyatukan visi dalam rangka mendorong percepatan penyiapan fasilitas publik yang akan dirasakan bersama,” katanya.
“Pada momen musrenbang ini, kita menyatukan persepsi yang sama, satu visi dan misi, sehingga kita semua tidak gampang diombang ambingkan oleh isu yang hanya ingin merusak tatanan sosial kemasyarakatan kita. Karena membangun kebersamaan ini membutuhkan proses. Sehingganya mari kita jaga selalu kebersamaan, satu rasa untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten Banggai ke arah yang lebih baik lagi kedepan,” tambahnya.
Bupati di setiap kegiatan Musrenbang yang telah dilaksanakan di sejumlah kecamatan tak lupa menyampaikan program prioritas utama dalam perencanaan pembangunan tahun 2021 mendatang.
Program prioritas itu antara lain pembangunan manusia berkualitas dan berbudaya serta pengentasan kemiskinan. Peningkatan daya saing daerah melalui optimalisasi sektor unggulan. Penataan ruang, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan penanggulangan bencana. Peningkatan tata kelola pemerintahan yang inovatif, bersih dan melayani.
Sementara itu, Kepala Bappeda-Litbang Kabupaten Banggai, Ramli Tongko dalam arahan teknisdi acara Musrenbang menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD adalah Forum Musyawarah antar pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah langkah penanganan program kegiatan prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan desa/kelurahan yang di integrasikan dengan prioritas pembangunan daerah kabupaten di wilayah kecamatan.
Ia mengapresiasi kerja Bupati, Wakil Bupati Sekretaris Daerah dan DPRD serta jajaran perangkat daerah atas pencapaian Sakip A.
“Ini semua berkat kerja keras ASN, dan komitmen pimpinan daerah di bawah komando Bupati H. Herwin Yatim dan Wakil Bupati H. Mustar Labolo serta dukungan DPRD. Kami bangga atas capaian ini. Satu-satunya kabupaten di luar Pulau Jawa yang meraih Sakip A. Prestasi Adalah yang diraih bentuk upaya pemerintah menuju good government, dimana sistem pemerintahan saat ini yang menuntut daerah berinovasi dan akuntabel, sehingga pelayanan maksimal kepada masyarakat itu dapat terwujud dengan akuntabilitas kinerja,” tutur Ramli. NAL

Pos terkait