MUI Banggai: Untuk Sementara Salat Jumat Ditiadakan

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banggai menyerukan kepada umat Islam di daerah ini, untuk sementara waktu agar tidak menyelenggarakan Salat Jumat berjemaah di masjid. Dan menggantikannya dengan Salat Zuhur berjemaah di rumah masing-masing.

Seruan itu tercantum dalam Surat Edaran (SE) MUI Kabupaten Banggai bernomor 078/MUI/BGI/III/2020  tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadinya wabah Virus Corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Banggai. Surat edaran itu ditandatangani Ketua Umum MUI Banggai, Drs. H. Zainal Abidin Alihamu, MA., dan Sekretaris  Umum, Zaenal Abidin S.Ag., M.Ag tertanggal 26 Maret 2020.

Ada lima poin yang disampaikan dalam surat edaran tersebut. Pertama, Pemerintah wajib melakukan pembatasan superketat terhadap keluar masuknya orang dan barang ke dan dari Kabupaten Banggai, kecuali petugas medis dan yang berkepentingan serta barang kebutuhan pokok dan keperluan emergency.

Umat Islam wajib mendukung dan menaati kebijakan pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai yang melakukan isolasi dan pengobatan terhadap orang yang terpapar Covid-19, agar penyebaran virus tersebut dapat dicegah.

Kemudian, MUI Banggai menyerukan kepada umat Islam untuk sementara waktu agar tidak menyelenggarakan Salat Jumat dan menggantinya dengan salat zuhur berjemaah di rumah masing-masing.

Dengan merebaknya Virus Corona ini, Umat Islam  diminta agar semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah, taubat, istigfar, zikir, dan membaca qunut  nazilah setiap salat fardhu. Memperbanyak salawat, sedekah, serta senantiasa berdoa kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan dari musibah dan marabahaya khususnya wabah Covid-19.

Disebutkan, edaran ini berlaku sejak ditetapkan dengan ketentuan jika di kemudian hari membutuhkan penyempurnaan akan disempunakan sebagaimana mestinya. JAD  

Pos terkait